147 Polisi Amankan Pleno KPU Dumai

id 147 polisi, amankan pleno, kpu dumai

147 Polisi Amankan Pleno KPU Dumai

Dumai, (Antarariau.com) - Kepolisian Resort Dumai, Riau menurunkan sebanyak 147 personel untuk pengamankan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pemilu anggota DPR, DPD, DPRD provinsi dan DPRD Kota Dumai.

"Kita menjaga pleno secara ketat untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan dalam rapat pleno rekapitulasi suara pemilu legislatif," kata Kapolres Dumai AKBP Yudi Kurniawan di Dumai, Ahad.

Dia menjelaskan, pengamanan pelaksanaan pleno yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai tersebut dilakukan dengan cara menyiagakan puluhan polisi berseragam dan bersenjata lengkap.

Selain itu, lanjutnya, polisi juga menyiapkan satu unit armada mobil "water canon" serta sejumlah kendaraan pengendalian massa (dalmas) dalam pengamanan rapat pleno tersebut.

"Pleno ini merupakan tahapan penting dalam pelaksanaan pemilu dan kita tidak mau ada gangguan keamanan yang dapat menghambat kelancaran rapat," jelasnya.

Pelaksanaan rapat pleno dibuka oleh Ketua KPU Kota Dumai Darwis bersama tiga komisioner yang dihadiri pihaknya, kemudian Kejaksaan Negeri Dumai, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Dumai dan utusan dari partai politik.

Kapolres berharap pelaksanaan pleno ini berjalan lancar dan tertib serta tidak terjadi gangguan keamanan yang dapat menggangu kelancaran rapat.

Sekretaris KPU Dumai Zahedi menjelaskan, rapat pleno dijadwalkan dilakukan dua hari yang dimulai hari ini hingga besok atau Senin (21/4), dan seluruh kotak suara serta rekapitulasi hasil penghitungan di tingkat panitia pemilihan kecamatan telah siap untuk diplenokan.

"Secara teknis dan persiapan pleno sudah dipersiapkan siap sebaik mungkin dan maksimal, termasuk dengan dukungan pengamanan aparat kepolisian yang akan mengawal penuh pelaksanaan rapat ini," katanya.