Pemkot Pekanbaru Perbaiki 250 Rumah Warga Miskin

id pemkot pekanbaru, perbaiki 250, rumah warga miskin

Pemkot Pekanbaru Perbaiki 250 Rumah Warga Miskin

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru, Riau, memperbaiki sebanyak 250 unit rumah warga miskin yang tidak layak huni dengan melibatkan warga setempat agar dalam pelaksanaannya dapat diawasi.

"Untuk tahun 2014 dianggarkan 250 unit rumah yang tersebar pada 12 kecamatan," kata Kepala Dinas Perumahan, Pemukiman dan Cipta Karya Pemkot Pekanbaru Dadang Eko Purwanto di Pekanbaru, Senin.

Dia mengatakan rumah yang dibangun tersebut selama ini dianggap tidak layak huni sehingga perlu dibedah agar pemilik merasa nyaman.

Menurut dia bahwa program bedah rumah itu untuk tipe 36 dengan anggaran sebesar Rp40 juta per unit.

Namun program bedah rumah itu tersebar pada 12 kecamatan dan puluhan kelurahan dan terbanyak di Kecamatan Tenayan Raya sebanyak 54 unit.

Kemudian di Kecamatan Marpoyan Damai, sebanytak 28 unit dan Kecamatan Rumbai serta Payung Sekaki masing-masing sebanyak 27 unit untuk dibedah.

Dia mengatakan selebihnya terdapat di Kecamatan Sail, Rumbai Pesisir, Lima Puluh, Bukit Raya dan Kecamatan Tampan.

Dalam program tersebut, katanya, dengan melibatkan warga setempat agar ada pengawasan tidak seperti pada tahun sebelumnya.

Pada program tahun sebelumnya bedah rumah dilakukan oleh pihak ketiga sehingga rawan terhadap penyelewengan bahan material maupun masalah lain.

Bahkan program bedah rumah itu mencontoh PNPM oleh pemerintah pusat yang melibatkan warga sekitar.

Dia menambahkan program bedah rumah tersebut mengunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemkot Pekanbaru tahun 2014.