Meneg LH Minta Bengkalis Upayakan Peringatan Dini Karhutla

id meneg lh, minta bengkalis, upayakan peringatan, dini karhutla

Meneg LH Minta Bengkalis Upayakan Peringatan Dini Karhutla

Pekanbaru (Antarariau.com - Menteri Negara Lingkungan Hidup RI Prof. Dr. Balthasar Kambuaya meminta Pemerintah Kabupaten Bengkalis agar melakukan upaya peringatan dini antara lain sebagai kebijakan penting dalam mengatisipasi kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di daerah ini.

"Upaya peringatan dini ini penting, karena Kabupaten Bengkalis salah satu wilayah di Riau yang rawan terjadainya kebakaran hutan dan lahan itu," kata Meneg LH Balthasar Kambuaya , di Bengkalis, Senin.

Meneg LH Balthasar Kambuaya berkunjung ke Bengkalis di dampingi Arief Yuwono Deputi Pengendalian Kerusakan Lingkungan dan Perubahan Iklim, Sudariono Deputi Penataan Hukum Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup.

Dalam kunjungan tersebut romongan Kemeneg LH disambut oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis H. Burhanuddin dengan pusat pertemuan di posko lapangan darurat bencana asap Desa Sepahat juga dihadiri Kepala BPBD Damkar, Camat Bukit Batu, Kapolsek Bukit Batu, Koramil, dan sejumlah pejabat lingkup pemerintah kabupaten Bengkalis serta regu Masyarakat Peduli Api (MPA) desa sepahat dan Tanjung Leban dan tim pemadam kebakaran dari PT Arara Abadi.

Selain upaya peringatan dini, menurut Balthasar Kambuaya, dalam mencegah Karhutla yang paling penting juga keterlibatan masyarakat dengan memberikan pemahaman agar masyarakat jangan membuka lahan dengan cara membakar.

"Penegakan hukum juga paling penting dan jangan beri toleransi oknum yang membakar dan merambah hutan," katanya.

Pada kesempatan itu, Meneg LH juga menyaksikan simulasi tim pemadam kebakaran memadamkan api, Meneg LH meninjau kebun nenas milik MPA Desa Sepahat.

Kebun tersebut tumbuh dan berkembang pada arealseluas tiga hektare dengan jumlah bibit mencapai 30.000 yang merupakan bantuan hibah luar negeri Asean Peatland Forest Project (IFAD-GEF).

Pada kesempatan yang sama Meneg LH juga menyatakan selamat bagi MPA dan pemadam kebakaran, sekaligus menyampaikan terima kasih atas kerja keras mereka dalam menanggulangi bencana Karhutla, sebab selain petugas damkar MPA termasuk garda terdepan saat kebakaran terjadi.