Dinsos Dumai Segera Distribusi Raskin Warga

id dinsos dumai, segera distribusi, raskin warga

Dinsos Dumai Segera Distribusi Raskin Warga

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Dinas Sosial Kota Dumai, Provinsi Riau segera mendistribusikan jatah beras miskin kepada rumah tangga sasaran (RTS) yang berhak menerimanya, setelah pihak kelurahan menyampaikan daftar penerima.

"Sebagian pemerintah kelurahan masih ada yang belum menyerahkan daftar keluarga penerima Raskin, sehingga kita akan menunggu hingga seluruhnya menyelesaikan laporan," kata Kepala Dinsos Dumai Darmawan di Dumai.

Dia menjelaskan, belum tuntas pelaporan data warga penerima menyebabkan pihaknya masih belum dapat mendistribusikan raskin sejak Januari awal tahun.

Alasan lain belum bisa menyalurkan Raskin karena Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Dumai tahun 2014 masih diverifikasi, sehingga belum bisa digunakan.

"Pendistribusian tahap pertama tahun ini kita rencanakan sekaligus 4 bulan, terhitung sejak Januari hingga April" terangnya.

Diakuinya, kendala pendistribusian Raskin tersebut memang sudah banyak dikeluhkan warga penerima. Namun, kembali diminta kesabaran mengingat kondisi yang terjadi.

Dalam program Raskin itu, Dinas Sosial tetap mengacu pada data penerima berdasarkan pendataan dari tim koordinasi pengentasan kemiskinan daerah yaitu sebanyak 9.423 RTS.

Jatah Raskin yang akan diterima warga berhak masih sebanyak 15 kilogram per kepala keluarga dalam sebulan dan digratiskan sepenuhnya karena ditanggung oleh pemerintah daerah.

Penyaluran Raskin ini, lanjutnya, nanti akan bekerja sama dengan Perum Bulog setempat langsung ke seluruh kelurahan yang ada setelah pemerintah daerah menyampaikan surat pengajuan alokasi (SPA).

"Kordinasi kita dengan Bulog sejauh ini cukup bagus dan berjalan baik. Namun karena data penerima belum diterima, sehingga SPA belum kita lakukan," ucapnya.

Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divre Dumai menjamin persediaan cadangan beras bisa mencukupi kebutuhan masyarakat di Kota Dumai selama enam bulan ke depan.

"Stok beras tersimpan di gudang Bulog saat ini sebanyak tujuh ribu ton, kita perkirakan bisa mencukupi kebutuhan hingga enam bulan ke depan untuk masyarakat di Dumai," kata Kepala Bulog Dumai, Tommi Despalingga.

Bulog Dumai akan memperkuat ketahanan pangan kebutuhan beras terutama di daerah distribusi sub Divre Dumai yang meliputi tiga kabupaten/kota di Riau seperti Dumai, Bengkalis dan Rokan Hilir.

"Beras yang tersimpan di gudang Dumai akan disalurkan ke tiga daerah itu, terutama untuk cadangan pemerintah setempat dan pendistribusian melalui program beras miskin atau yang dikenal dengan sebutan raskin," ucapnya.