Pemilu - Mantan Wali Kota Pimpin Perolehan Suara DPR

id pemilu, - mantan, wali kota, pimpin, perolehan suara dpr

 Pemilu - Mantan Wali Kota  Pimpin Perolehan Suara DPR

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Mantan Wali Kota Dumai periode 2005-2010 yang ikut menjadi calon anggota legislatif (caleg) untuk DPR dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Zulkifli AS, memimpin perolehan suara terbanyak di wilayah itu dengan 21.806 suara.

Berdasarkan rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai yang digelar tiga hari dengan hasil terpampang di kantor KPU setempat di Dumai, Rabu, terlihat jelas caleg tersebut unggul dalah perolehan suara jauh meninggalkan lawan-lawanya.

Kota Dumai masuk dalam daerah pemilihan (dapil) Riau 1 dalam pemilihan caleg untuk DPR yang wilayahnya meliputi lima kabupaten/kota di Riau yaitu Pekanbaru, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Bengkalis dan Kepulauan Meranti yang memperebutkan 6 kursi.

Untuk perolehan suara terbesar kedua diperoleh caleg dari PDI Perjuangan atas nama Effendi Sianipar dengan 8.912 suara, disusul Wan Syamsir Yus yang juga mantan Wali Kota Dumai periode 2000-2004 dari Partai Amanat Nasional (PAN) dengan raihan 8.228 suara.

Perolehan suara caleg lain setelah Wan Syamsir Yus adalah Reni Sitawati Siregar dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan mendapatkan 7.043 suara, kemudian Jon Erizal dari PAN dengan 6.276 suara, lalu Chairul Anwar dari Parati Keadilan Sejahtera (PKS) sebanyak 4.450 suara.

Sedangkan untuk perolehan suara partai politik untuk wilayah Dumai ditempati PDI Perjuangan sebanyak 26.328 suara, kemudian disusul Partai Nasional Demokrat (Nasdem) setelah meraih 25.909 suara.

Partai politik yang meraih perolehan suara terbesar ketiga adalah PAN dengan raihan 18.628 suara, lalu diikuti PKS yang meraih 9.825 suara.

Partai Gerindra yang melejit dalam pengumpulan suara untuk pemilihan caleg untuk DPRD Kota Dumai, hanya bisa mengumpulkan perolehan suara sebanyak 8.785 suara atau berada di peringkat ke lima untuk DPR.

Pada pemilu legislatif untuk pemilihan anggota DPR diikuti partisipasi pemilih di Dumai sebanyak 136.315 surat, dari total masyarakat yang mengunakan hak suara 204.429 jiwa dan dinyatakan sah sebanyak 124.109 suara serta tidak sah 12.206 suara.

Ketua KPU Kota Dumai Darwis menyatakan, pelaksanaan pleno hari ketiga dilanjutkan dengan pindah lokasi dari sebelumnya di ruangan hotel menjadi di ruang media center yang berada di Jalan Jenderal Sudirman, Komplek Gedung Daerah Pemkot Dumai.

"Pleno berlangsung dengan alot dan dihujani interupsi dari para saksi. Namun Alhamdulillah, kita bisa merampungkan rapat yang akan disampaikan hasil pleno ke KPU Riau," katanya.