Pemilu - Perolehan Suara Wagub Riau Sebagai Caleg Sah

id pemilu -, perolehan suara, wagub riau, sebagai caleg sah

Pemilu - Perolehan Suara Wagub Riau Sebagai Caleg Sah

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau mensahkan perolehan suara Wakil Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman yang namanya masih tercantum sebagai Calon Legislatif untuk DPR RI di seluruh surat suara pada Pemilu Legislatif 2014.

Hal itu terungkap pada Rapat Pleno KPU Provinsi Riau di Pekanbaru, Rabu, bahwa Wagub Riau yang akrab disapa Andi Rahman itu memperoleh suara tertinggi di antara lima Caleg DPR RI dari partai berlambang pohon beringin itu di Kota Pekanbaru. Bahkan, perolehan suara Andi Rahman berhasil mendongkrak hasil perolehan suara Partai Golkar.

Tercantumnya nama politisi itu dalam surat suara sebenarnya mengundang kontroversi karena KPU Riau sebelumnya menyatakan sudah menganulir Andi Rahman sebagai Caleg setelah yang bersangkutan dipastikan menjabat Wagub Riau.

Komisioner KPU Provinsi Riau, Ilham M. Yasir, mengatakan pihaknya sebenarnya sudah menganulir nama Arsyadjuliandi Rahman sebagai Caleg DPR RI dari Partai Golkar. Bahkan, ia mengatakan KPU Riau sudah mengeluarkan surat edaran kepada KPU di kabupaten dan kota.

Namun, ia mengatakan nama Wagub Riau terlanjur dicetak di surat suara yang telah rampung jauh sebelum yang bersangkutan dilantik sebagai kepala daerah pada Februari lalu.

"Sudah terlanjur dicetak disurat suara, tapi KPU sudah mengeluarkan edaran bahwa dia sudah dianulir sebagai Caleg dan minta agar namanya dicoret dalam surat suara," katanya.

Ia mengatakan perolehan suara Wagub Riau akan dihitung untuk menambah suara Partai Golkar.

"Perolehan suaranya masuk ke partai," ujarnya.

Ketua KPU Kota Pekanbaru, Abdul Razak Jer, menyatakan Andi Rahman yang masih tercantum sebagai Caleg DPR RI di nomor urut 1 memperoleh 11.008 suara. Perolehan tersebut menggungguli Caleg Golkar lainnya seperti Tabrani Maamun (7.102), Marlina (3.761), Emmalia Natar (4.063), Edy S. Saragih (1.501), dan Samuel HM Sianipar (2.090).

Abdul Razak mengatakan perolehan suara dari pemilih yang mencoblos lambang partai mencapai 14.016. Sedangkan, total perolehan suara dari partai dan Caleg mencapai 43.541 suara.