Pemilu - KPU: Partisipasi Masyarakat Dumai 66 Persen

id pemilu, - kpu, partisipasi masyarakat, dumai 66 persen

 Pemilu - KPU: Partisipasi Masyarakat Dumai 66 Persen

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Partisipasi masyarakat sebagai pemilih dalam Pemilu Legilatif 9 April 2014 di wilayah Kota Dumai mencapai 66 persen dari total 204.429 peserta, ujar Ketua KPU Kota Dumai Darwis di Dumai, Kamis.

Berdasarkan data hasil rapat pleno rekapitulasi pengitungan perolehan suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, dari 204.429 jiwa jumlah masyarakat yang tedaftar sebagai pemilih, hanya 136.395 orang yang menggunakan hak pilih, jelasnya.

"Dari data pleno yang digelar beberapa waktu lalu, kami menyatakan jumlah suara yang dinyatakan sah sebanyak 132.699 dan dinyatakan tidak sah 3.814 suara," katanya.

Dalam pemilu legislatif, lanjutnya, melibatkan banyak orang sebagai calon anggota legislatif (caleg), sehingga tingkat partisipasi pemilih dari masyarakat meningkat dan pihaknya menganggap suatu kewajaran.

KPU Kota Dumai sebelumnya juga telah memprediksi angka partisipasi pemilih dalam pemilihan caleg untuk DPRD Kota Dumai akan meningkat pada saat melakukan pemantauan pencoblosan surat suara di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS).

Jika dibandingkan dengan proses pemilu kepala daerah dan wakil kepala daerah Provinsi Riau yang digelar tahun 2013, tingkat partisipasi pemilih pada pemugutan suara putaran kedua hanya mencapai 46,36 persen.

"Artinya angka golput (gologan putih) pada pemilu legislatif ini mengalami penurunan, karena banyak orang yang berkepentingan untuk menggunakan hak pilih," kata Sekretaris KPU Kota Dumai, Zahedi.

Untuk tingkat partisipasi tertinggi di daerah pemilihan (Dapil) 3 meliputi Kecamatan Bukit Kapur-Sungai Sembilan sebesar 70 persen dan keikutsertaan pemilih dalam mengunakan hak suara terendah di Dapil 1 Kecamatan Dumai Kota hanya 59 persen.

Pelaksanaan pemilu legislatif di Kota Dumai digelar pada 607 TPS yang tersebar di empat dapil pada tujuh kecamatan dan memperbutkan 30 kursi parlemen setempat.