Pemkot Pekanbaru Akui Belum Maksimal Garap Parkir

id pemkot pekanbaru, akui belum, maksimal garap parkir

Pemkot Pekanbaru Akui Belum Maksimal Garap Parkir

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru, Riau, mengakui potensi parkir belum digarap maksimal sehingga perlu upaya dan terobosan agar dapat memberikan pemasukan kepada kas daerah.

"Target parkir tahun 2014 harus terpenuhi dengan menggarap beberapa ruas jalan yang selama ini tidak dikelola dengan baik," kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT di Pekanbaru, Jumat.

Dia mengatakan aparat terkait seperti Unit Pelaksana Teknik Dinas (UPTD) Parkir Dinas Perhubungan dan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) yang mengelola parkir harus bekerja keras untuk memenuhi target pendapatan asli daerah (PAD) setempat.

Namun saat ini kendala yang dihadapi adalah maraknya parkir liar pada ruas jalan tertentu terutama pada sore hingga dini hari.

Bahkan parkir liar itu berada di Jalan Soekarno-Hatta, Tuanku Tambusai, Yos Sudarso, Harapan Raya dan Jalan Riau serta Jalan Kuantan Raya.

Padahal pengelola parkir sudah memberikan tanda pengenal dan rompi kepada petugas parkir resmi, tapi parkir liar masih saja marak.

Demikian pula kepada petugas parkir resmi diberikan karcis tanda parkir yang sudah diporporasi (dilubangi) dari Dispenda Pemkot Pekanbaru.

Menurut dia, pengelola parkir juga melakukan koordinasi dengan aparat Polresta dan Kodim setempat dalam menertibkan tapi masih saja ada parkir liar.

Dia mengatakan pihaknya akan bertindak tegas terhadap petugas parkir liar karena telah ada dasar hukum untuk menertibkan.

Sedangkan dasar hukum untuk penertiban tersebut yakni Peraturan Daerah (Perda) No. 14 tahun 2011 tentang Pengelolaan Perparkiran.

Upaya lain agar potensi itu maksimal yakni mengoptimalkan parkir di depan ruko yang baru serta pusat perbelanjaan.