Jalan Lintas Inhu Nyaris Putus Dihantam Hujan

id jalan lintas, inhu nyaris, putus dihantam hujan

Jalan Lintas Inhu Nyaris Putus Dihantam Hujan

Rengat, (Antarariau.com) - Jalan lintas Kabupaten Indragiri Hulu menuju Kuantan Singingi, Provinsi Riau nyaris putus total akibat salah satu gorong-gorong diruas jalan itu amblas karena dihantam hujan dalam sepekan terakhir.

"Harus ada upaya perbaikan segera oleh pemerintah agar jalan ini bisa berfungsi normal kembali dan memudahkan mobilitas warga setempat," kata warga Kabupaten Kuantan Singingi Ahmad Damri di Rengat, Sabtu.

Jalan provinsi itu terkesan kurang diperhatikan pihak terkait mengakibatkan kerusakan badan jalan semakin parah dan dikeluhkan pengguna jalan serta petani yang mendistribusikan hasil panen mereka.

Jalan yang rusak itu merupakan jalan antar provinsi yang digunakan oleh Kabupaten Indragiri Hilir, Indragiri Hulu dan Kuantan Singingi, Provinsi Riau menuju Provinsi Sumatra Barat.

Ribuan kendaraan melewati jalan ini setiap harinya, dengan kerusakan tersebut mengakibatkan warga sepanjang jalan merasa kurang akibat percikan lumpur dan debu.

"Sebaiknya pihak instansi terkait segera memperbaikinya sebelum kerusakan semakin dalam," sebutnya.

Menurutnya, kerusakan terlihat di daerah Pranap, Cerenti dimana gorong-gorong yang amblas tersebut berada di depan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Desa Koto Peraku, Kecamatan Cerenti. Amblasnya gorong-gorong ini mengakibatkan hanya kendaraan roda dua yang bisa melewati dan sebagian kendaraan roda empat dengan kewaspadaan tinggi.

"Kemacetan akibat rusaknya jalan mencapai satu kilo meter, selain itu kerap terjadi lakalantas," ucapnya.

Sementara kendaraan berat seperti truk pembawa kayu, CPO dan batubara kesulitan bahkan tidak bisa melewati jalan ini. Jika mereka nekad melewati gorong-gorong yang amblas tersebut bisa berakibat terbalik.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kuansing Azwan melalui Kepala Bidang Peningkatan Jalan Nasri Edi dikonfirmasi mengatakan bahwa pihaknya telah menyampaikan hal ini ke Provinsi Riau namun belum ada tanggapan.

"Kami sudah usulkan perbaikan dan semoga saja DPRD bisa menyetuju usulan perbaikan jalan tersebut," katannya.

Menurutnya, sejumlah warga telah melaporkan kondisi jalan tersebut ke Kecamatan Cerenti dan sudah ada laporannya ke Dinas Bina Marga Kuansing, bahwa kondisi jalan sangat memprihatinkan dan diminta untuk diperbaiki