941 Calon Haji Riau Belum Lunasi BPIH

id 941, calon haji, riau belum, lunasi bpih

 941 Calon Haji Riau Belum Lunasi BPIH

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Riau mengeluarkan imbauan kepada 941 orang jamaah calon haji di provinsi itu agar segera melunasi sisa pembayaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) reguler tahun 2014.

"Sampai hari ini yang sudah melunasi BPIH jamaah di Riau sebanyak 3.067 orang sedangkan yang masih belum ada 941 orang, yang belum melunasi saya tunggu sampai hari terakhir," ujar Kepala Kanwil Kemenag Riau Tarmizi Tohor di Pekanbaru, Kamis.

Menurut dia, pihaknya selalu sabar dalam menunggu para tamu Allah untuk melunasi BPIH melalui bank yang telah ditunjuk sendiri calon jamaah haji Riau dan dibuktikan dengan beberapa kali membuka waktu pelunasan.

Seperti telah mulai dibuka pada tanggal 11 Juni lalu dan berakhir tanggal 9 Juli 2014. Namun jika sampai tanggal 9 Juli 2014 belum dilunasi, maka pembayaran BPIH akan diperpanjang dari tanggal 14 hingga 17 Juli 2014

Jika sampai tanggal 18 Juli 2014 kuota jamaah calon haji yang diberikan tidak terpenuhi juga, maka pihaknya tetap membuka pembayaran BPIH akan diperpanjang menjadi sampai tanggal 21 hingga 24 Juli 2014.

"Jika sampai 24 Juli 2014 kuota jamaah calon haji untuk tidak terpenuhi juga, maka sisa kuota haji dikembalikan ke masing-masing kabupaten/kota di Riau untuk diisi sesuai dengan nomor urut jamaah calon haji berikutnya," tegas dia.

Kemungkinan besar, lanjutnya, pada tahun ini untuk kelompok terbang (kloter) pertama secara nasional akan diperkirakan pada tanggal 31 Agustus 2014, sedangkan kloter pertama di Riau berangkat 3 September 2014.

"Jadi kita terus imbau agar mereka segera melunasi BPIH. Biasanya, para jamaah calon haji Riau begitu kita umumkan pelunasan BPIH, maka dalam lima hari sudah tuntas semua. Untuk tahun ini, kamai beluma tahu apa masalahnya," kata dia.

Dia menambahkan, sejak terjadi perluasan terhadap Masjidil Haram di tanah suci Makkah, Arab Saudi dilakukan tahun 2013, maka dampaknya terjadi pengurangan jamaah haji Indonesia temasuk di Riau sejak tahun tersebut.

"Di Riau mengalami pengurangan kuota sekitar 1.000 orang karena terjadi pengurangan secara nasional dari Pemerintah Arab Saudi. Kini kita tingal 4.008 orang dari sebelumnya 5.010 orang," ucapnya.

Wakil Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengimbau kepada para jamaah calon haji di provinsi tersebut yang telah terdaftar berangkat tahun 2014, supaya bisa segera melunasi sisa BPIH.

"Saya mengimbau agar BPIH yang masih kurang, bisa segera dilunasi sesuai aturan yang ada. Karena untuk berangkat haji reguler dari Riau, kini setidaknya dibutuhkan waktu menunggu paling cepat 10 tahun," ucapnya.