90.000 Peserta BPJS Kesehatan Padang Sudah Terdaftar

id 90000, peserta bpjs, kesehatan padang, sudah terdaftar

 90.000 Peserta BPJS Kesehatan Padang Sudah Terdaftar

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Sebanyak 90.000 warga berasal dari peserta penerima bantuan iuran, TNI, Polri, PNS, dan peserta mandiri lainnya, sudah terdaftar pada Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kantor Cabang Padang, Provinsi Sumatera Barat, periode Januari-Mei 2014.

"Jumlah peserta terdaftar 90 ribu orang itu bagian dari 60 persen peserta dari 2,5 juta jiwa jumlah penduduk yang meliputi wilayah kerja kantor BPJS Kesehatan Cabang Padang," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Padang, Edi Martadinata, dalam keterangannya pada Antara Riau, Jumat.

Menurut dia, pendaftaran peserta rata-rata per hari mencapai 600 orang pada wilayah kantor cabang Padang meliputi,

Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Padang, Kabupaten Padang, Pariaman, Kota Pariaman, dan Kabupaten Kepulauan Mentawai, yang berada di bawah kewenangan Kantor BPJS Kesehatan Divisi Regional (Divre) II.

Ia mengatakan, untuk Divre II meliputi Provinsi Jambi, Kepri, Riau dan Sumbar. Di Sumbar terdapat beberapa kantor cabang yakni Cabang Bukittinggi, Cabang Solok dan Cabang Padang.

"Khusus untuk proses pendaftaran peserta di kantor Cabang Padang cukup lancar dan tidak ditemukan calo, sebab untuk menghindari percaloan, sudah dipasang spanduk yang berisi imbauan agar tidak menggunakan jasa calo," katanya.

Selain itu jika petugas menemukan masyarakat yang melakukan pengurusan secara kolektif ditolak serta mereka dianjurkan agar yang bersangkutan bisa mengurus sendiri," katanya.

Untuk hak peserta pemegang kartu BPJS Kesehatan sendiri adalah peserta akan mendapatkan pelayanan kesehatan yang dijamin yakni pelayanan kesehatan tingkat pertama (RJTPdan RTIP). Selain itu pelayanan kesehatan rujukan tingkat lanjutan (RJTL dan RITL) serta peserta kesehatan lain yang ditetapkan oleh menteri.

Sementara itu untuk absensi klaim RS per tingkat layanan pembebanan hingga Mei 2014 sudah mencapai 94 persen meliputi pelayanan fasilitas kesehatan tingkat pertama, hingga fasilitas tingkat rujukan.

Untuk realisasi pembiayaan sampai dengan Mei 2014 untuk kantor BPJS Kesehatan Cabang Padang, pada tingkat rawat jalan tingkat pertama, rawat inap tingkat pertama, rawat jalan tingkat pertama, rawat jalan tingkat lanjutan dan rawat inap tingkat lanjutan serta pelayanan kesehatan katastropik mencapai Rp138,354 miliar lebih.