Kemenag : 271 Calon Haji Dumai Lunasi BPIH

id kemenag, 271, calon haji, dumai lunasi bpih

 Kemenag : 271 Calon Haji Dumai Lunasi BPIH

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Kementrian Agama (Kemenag) Kota Dumai menyatakan telah menerima sebanyak 271 orang calon jemaah haji di wilayah tersebut yang melakukan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) untuk tahap pertama yang ditutup Kamis (10/7).

Kepala Seksi Urusan Agama Islam dan Penyelenggaraan Haji Kemenag Kota Dumai Zakaria mengatakan, tahap pertama pelunasan BPIH tersebut menyisakan sebanyak 26 orang calon jemaah haji yang belum melunasi.

"Bagi yang tidak melunasi ongkos haji pada tahap pertama ini, maka dinyatakan gagal berangkat," katanya di Dumai, Kamis.

Dia menyebutkan, pihaknya membuka masa pelunasan BPIH untuk tahap pertama sejak 11 Juni hingga 9 Juli, namun ditambah waktu sehari yaitu 10 Juli terkait dengan libur nasional pelaksanaan Pemilu Presiden (Pilpres) 2014.

Untuk selanjutnya Kemenag Kota Dumai akan membuka masa pelunasan BPIH tahap kedua pada 14 Juli-17 Juli 2014 dan bagi peserta yang diutamakan adalah calon yang sudah haji dan berniat beribadah lagi di tanah suci Mekkah, Arab Saudi.

"Untuk tahap kedua ini, diperkirakan ada 26 orang calon jemaah yang sudah haji menjadi peserta tahun ini, dan diharapkan mereka bisa melunasi BPIH tepat waktu," ungkapnya.

Jika pembayaran tahap pertama dan kedua tuntas, tambahnya, maka pihaknya akan memasuki pada tahap pelaksanaan pemberian vaksin meningitis kepada calon jemaah di salah satu Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kecamatan Dumai Timur.

"Vaksin meningitis ini merupakan tahapan pemeriksaan kesehatan, dan setiap calon jemaah wajib disuntik untuk kekebalan tubuh, agar mencegah penularan penyakit yang berbahaya," jelasnya.

Pelaksanaan vaksin meningitis ini akan dilaksanakan pada pertengahan Agustus 2014 atau usai perayaan Idul Fitri 1435 Hijriah.

"Kemudian Kemenag Kota Dumai juga menjadwalkan manasik haji kepada seluruh calon jemaah yang telah melunasi BPIH sebagai pelatihan dan bimbingan," ucapnya.

Kepala Kemenag Kota Dumai Darawi mengharapkan kepada calon jemaah haji agar mempersiapkan diri sebelum berangkat seperti menjaga kesehatan dan memperbanyak ilmu pengetahuan tentang rangkaian ibadah haji.

"Selain itu, diharapkan juga agar calon haji terus menggali informasi tentang pelaksanaan musim haji, supaya dapat menyesuaikan dan mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin," harapnya.