Antrian Haji Rokan Hulu Capai 5.000 Orang

id antrian haji, rokan hulu, capai 5000 orang

Antrian Haji Rokan Hulu Capai 5.000 Orang

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Hingga saat ini daftar antri Jemaah Calon Haji (JCH) di Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau, mencapai 5.000 orang dan diperkirakan baru tuntas hingga 2027 mendatang.

Kepala Kantor Kemenag Rokan Hulu, Achmad Supardi Hasibuan di Pekanbaru, Selasa, mengatakan, hal itu terkait tingginya animo masyarakat di Kabupaten Rokan Hulu untuk menunaikan ibadah haji ke tanah suci.

"Setiap harinya, ada warga yang daftarkan diri, untuk bisa menunaikan ibadah haji. Kami melihat, antusiasme warga tinggi untuk menunaikan ibadah haji. Apalagi, dari daftar yang ada, sudah terdaftar 5.000 JCH yang diperkirakan tuntas diberangkatkan hingga tahun 2027 mendatang," ujarnya.

Ahmad Supardi mengakui, tahun ini, untuk kuota JCH Rokan Hulu yang diberangkatkan 242 JCH.

Dari jumlah itu, lanjut dia, 13 JCH dipastikan belum melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahap pertama, sehingga ke 13 JCH tersebut dipastikan baru bisa berangkat pada musim haji tahun 2015 mendatang.

Mengenai persiapan pelaksanakan haji 2014, Ahmad Supardi mengatakan, kegiatan manasik haji tingkat kecamatan sudah tuntas dilaksanakan seluruh JCH di 16 kecamatan.

Terakhir, katanya, pelaksanaan manasik haji tingkat kabupaten yang akan dilaksanakan usai hari raya Idul Fitri 1435 Hijriah.

"Karena JCH akan diberangkatkan sebulan setelah Idul Fitri. Saat ini seluruh persiapan sudah matang, tinggal pelunasan BPIH tahap dua bagi 21 JCH yang sudah pernah menunaikan ibadah haji, yang berbeda masa pembayaran saja dengan JCH baru," katanya.

Ia memperkirakan, antrian haji di Kabupaten Rokan Hulu akan terus bertambah seiring terus bertambahnya jumlah penduduk dan antusiasme masyarakat yang kian tinggi untuk menunaikan ibadah ke tanah suci.