Pemprov Riau Siapkan Puskesmas Di Jalur Mudik

id , pemprov riau, siapkan puskesmas, di jalur mudik

  Pemprov Riau Siapkan Puskesmas Di Jalur Mudik

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Provinsi Riau menyiapkan pusat-pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di sepanjang jalur mudik Idul Fitri terutama yang menghubungkan Riau-Sumatera Utara dan Riau-Sumatera Barat.

"Petugas di puskesmas-puskesmas itu harus siaga dan ketika ada kejadian langsung tanggap. Puskesmas juga diminta melayani masyarakat pemudik yang ingin mengecek kesehatannya," kata Gubernur Riau Annas Maamun kepada pers di Pekanbaru, Senin siang.

Ia mengatakan, selain puskesman, pihaknya juga telah menyiapkan rumah-rumah ibadah untuk kepentingan para pemudik yang hendak melaksanakan shalat di tengah perjalanan.

Kemudian, lanjut dia, juga diminta rumah-rumah masyarakat yang berada di sepanjang jalur mudik untuk membuka pintu bagi para pemudik dan itu bisa diselingi dengan berjualan makanan.

"Selain itu, Pemprov Riau juga telah membuka posko-posko di sejumlah wilayah pada titik-titik tertentu untuk melayani para pemudik," katanya.

Gubernur Annas Maamun mengatakan, mulai hari ini seluruh posko arus mudik Lebaran Idul Fitri 1435 Hijriah juga telah resmi dioperasionalkan.

Karena berdasarkan pengalaman dan pantauan di lapangan, tingkat kepadatan arus mudik akan dimulai pada H-7 jelang lebaran," kata Kapolda Riau Brigjen Condro Kirono.

Gubernur Riau Annas Maamun mengatakan, posko yang dioperasikan bertujuan mempermudah pemudik mendapatkan sejumlah informasi yang diperlukan dan memberikan rasa aman dan nyaman.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, seluruh posko yang dioperasikan bekerja sama dengan berbagai pihak dan unsur terkait. Mulai dari Dishub, Polda dan Polres/Polresta, Kodim, Lanal, KSOP, Diskes, Satpol PP, Jasa Raharja dan instansi lainnya," kata kapolda lagi.

Posko utama atau tingkat provinsi langsung ditempatkan di Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau, Jalan Sudirman, Pekanbaru, Riau kemudian juga ada posko untuk sub sektor udara, darat dan laut.

"Untuk posko sub sektor udara ditangani PT Angkasa Pura. Sub sektor laut ditangani Syahbandar. Sedangkan sub sektor darat di pusatkan di Terminal AKAP Payung Sekaki. Posko utama membantu tugas yang dijalankan posko di semua sub sektor," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau, Adizar.