Polda Riau Siapkan Penembak Jitu Lokasi Rawan

id polda, riau siapkan, penembak jitu, lokasi rawan

 Polda Riau Siapkan Penembak Jitu Lokasi Rawan

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kepolisian Daerah Provinsi Riau menyiapkan penembak jitu atau "sniper" di sejumlah lokasi rawan kejahatan pada musim mudik Idul Fitri guna memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang melakukan perjalanan pulang kampung.

"Titik-titik rawan kejahatan itu ada di sejumlah wilayah dan telah disiapkan pengamanan dini," kata Kapolda Riau Brigjen Condro Kirono kepada pers di Pekanbaru, Senin siang.

Selain itu, lanjut kata dia, juga ada 72 titik rawan kecelakaan lalu lintas yang telah disiagakan personel untuk mengantisipasi jika terjadi kecelakaan kendaraan.

Kemudian kata dia, juga telah dibuka sebanyak 52 pos keamanan yang akan menerima pelayanan pengaduan kejahatan dan gangguan ketertiban dan kemamanan masyarakat selama musim mudik.

"Juga ada 22 pos pelayanan yang bisa dimanfaatkan para pemudik untuk beristirahat dan memeriksakan kesehatannya," kata dia.

Kepolisian Daerah Provinsi Riau dikabarkan juga akan menempatkan sejumlah personel di lokasi-lokasi rawan terjadi longsor pada saat musim arus mudik Lebaran Idul Fitri yang diperkirakan akan terjadi mulai H-7.

"Jumlahnya tidak tentu tergantung dari situasi dan kondisi di jalur-jalur rawan longsor itu," kata Kepala Bidang Humas Polda Riau Ajun Komisaris Besar Guntur Aryo Tejo kepada Antara di Pekanbaru.

Ia mengatakan pemetaan untuk lokasi jalur rawa longsor itu telah dilakukan dan terbanyak berada di wilayah Kabupaten Kampar yang berbatasan langsung dengan Sumatera Barat.

"Kami mengimbaupengendara atau pemudik dapan berhati-hati ketika melintasi wilayah sekitar tebing dan jurang terlebih ketika datang hujan," katanya.

Pemerintah Provinsi Riau dikabarkan juga telah menyiagakan empat unit alat berat di beberapa titik rawan longsor sebagai upaya antisipaso jika terjadi longsor.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Riau, Muhammad mengatakan, sejumlah alat berat tersebut mulai disiagakan pada sepekan sebelum Lebaran hingga sepekan setelahnya.

Sementara itu sesuai dengan hasil rapat koordinasi lalu, tim menyatakan ada sejumlah lokasi rawan terjadi longsor saat musim mudik mendatang.

Di antaranya adalah jalur yang menghubungkan Kota Pekanbaru dengan Kota Dumai, kemudian Pekanbaru-Rengat, Pekanbaru-Kampar serta Pekanbaru-Rokan Hulu selain juga Kampar-Sumatera Barat.