Polres Dumai Bentuk Tujuh Posko PAM Lebaran

id polres dumai, bentuk tujuh, posko pam lebaran

Polres Dumai Bentuk Tujuh Posko PAM Lebaran

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Kepolisian Resor (Polres) Dumai, Riau, membentuk tujuh posko pengamanan hari raya Idul Fitri 1435 Hijriah pada sejumlah lokasi yang padat aktivitas masyarakat setempat, sehingga rawan terjadinya kemacetan jalan raya.

Kepala Polres Dumai AKBP Yudi Kurniawan Senin mengatakan, pelaksanaan tugas pengamanan Lebaran melibatkan sebanyak 419 personel gabungan baik dari Polisi maupun dari berbagai instansi yang terkait.

"Khusus jumlah Polisi yang diturunkan 319 personel dan bertugas bersama aparat dari instansi lain untuk melaksanakan tugas memberi rasa aman serta nyaman pada masyarakat yang beraktivitas Lebaran," katanya usai memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2014 di Dumai.

Pembentukan posko operasi pengamanan Idul Fitri itu, jelasnya, guna mendekatkan pelayanan serta perlindungan aparat hukum kepada masyarakat yang akan melakukan aktivitas ibadah, berbelanja atau perjalanan mudik Lebaran di daerah tersebut.

Posko yang didirikan pada sejumlah lokasi seperti terminal Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) Kelakap Tujuh, Terminal Penumpang Pelabuhan, Terminal Penumpang Pelabuhan Roro, jalur mudik di perbatasan Dumai-Duri, Dumai-Sungai Pakning dan Dumai-Rokan Hilir serta di pusat perbelanjaan yang berada di Jalan Jenderal Sudirman.

"Pelaksanaan tugas pengamanan Idul Fitri tersebut dimulai pada 22 Juli hingga 6 Agustus mendatang karena diprediksi sudah mulai terjadi peningkatan aktivitas masyarakat dan penumpang yang akan bermudik di luar kota," ucapnya.

Dalam gelaran operasi Ketupat ini, dia berharap, semua aparat instansi yang terlibat saling bersinergi dan memastikan kesiapan semua kekuatan serta sarana prasarana untuk kelancaran tugas melayani masyarakat dalam menyambut perayaan hari besar keagamaan bagi umat Islam.

"Warga yang akan bermudik keluar daerah, harus merencanakan perjalanan dengan baik dan menitipkan rumah yang akan ditinggalkan kosong kepada orang terdekat atau keluarga supaya terhindar dari aksi pencurian," ujarnya.

Sejumlah instansi terlibat operasi ketupat tersebut yakni Polisi, TNI, Dinas Perhubungan Kota Dumai, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Kesehatan Kota Dumai, petugas pemadam kebakaran, Pramuka, mahasiswa dan organisasi penggiat di daerah itu.

Wali Kota Dumai Khairul Anwar berharap dengan kesiapan aparatur pemerintah dan instansi terkait dalam pelaksanaan pengamanan dan pengawasan Lebaran, bisa menciptakan kelancaran serta kenyamanan kepada masyarakat yang akan bermudik.

"Semoga aktivitas masyarakat selama Lebaran nanti berjalan tertib dan nyaman berkat dukungan serta pengamanan yang diberikan pemerintah daerah bersama aparat hukum terkait," jelasnya.