Air Asia Tambah Frekuensi Pekanbaru-Bandung

id air asia, tambah frekuensi pekanbaru-bandung

Air Asia Tambah Frekuensi Pekanbaru-Bandung

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Asosiasi Perusahaan Agen Penjual Tiket Indonesia (Astindo) Riau menyatakan, maskapai AirAsia Indonesia menambah rute penerbangan domestik Pekanbaru-Badung pulang pergi terhitung mulai pada tanggal 23 Juli 2014.

"Terhitung mulai 23 Juli nanti, AirAsia menerbangi rute Pekanbaru-Bandung pulang pergi dua kali setiap hari, dari sebelumnya hanya satu kali," ujar Sekretaris Astindo Riau Wendy Yolanda Pasaribu di Pekanbaru, Senin.

Menurutnya, penambahan frekuensi penerbangan dari satu menjadi dua kali sehari pada rute yang hanya diterbangi perusahaan penerbangan yang terkenal dengan "low cost carrier" atau maskapai bertarif redah tersebut terkait masuknya musim mudik Lebaran.

Operasional maskapai AirAsia Indonesia di Pekanbaru memiliki tiga rute penerbangan domestik dan internasional yakni Pekanbaru-Bandung, Pekanbaru-Medan dan Pekanbaru-Kuala Lumpur (Malaysia) yang masing-masing diterbangi satu kali sehari.

Namun khusus untuk rute Pekanbaru-Medan yang diterbangi menggunakan pesawat jenis Airbus tipe 320 dengan kapasitas penumpang 180 tempat duduk dihentikan terhitung 1 Juli 2014 karena diduga terjadi persaingan cenderung tidak sehat antarkompetitor.

"Jadi untuk rute Pekanbaru-Kuala Lumpur masih tetap minimal satu kali sehari dan rute Pekanbaru-Bandung yang ditambah. Mungkin mereka berpikir rute tersebut sangat prospektif dikembangkan karena Bandung terkenal dengan kota wisata dan pusat belanja," katanya.

Asep Dadan (34), salah seorang calon peumpang AirAsia Indonesia di Pekanbaru mengaku dirinya telah membeli tiket maskapai tersebut pada rute Pekanbaru-Bandung untuk mudik Lebaran terhitung pada tanggal 25 Juli 2014.

"Pekan lalu saya sudah beli tiketnya untuk empat orang dengan harganya yang lumayan mahal masing-masing Rp2,5 juta per orang pulang pergi. Saya memilih penerbangan pada sore hari karena penerbangan pertama pagi hari tidak terkejar," katanya.

Maskapai AirAsia Indonesia semula bernama AWAIR didirikan September tahun 1999 yang kemudian pada 2004 diambil alih oleh AirAsia dan mengalihkan orientasi pasar ke penerbangan berbiaya rendah hanya melayani rute domestik.