Sejumlah Personil Dilibatkan Pengamanan Lebaran

id sejumlah personil, dilibatkan pengamanan lebaran

Sejumlah Personil Dilibatkan Pengamanan Lebaran

Rengat, (Antarariau.com) - Sejumlah 138 personil dari berbagai instansi dan organisasi akan dilibatkan untuk membantu pengamanan serta pelayanan Operasi Ketupat tahun 2014 di Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, 22 Juli -6 Agustus 2014.

"Tahun ini di perkirakan terjadi peningkatan jumlah kendaraan yang melintas di Jalur Lintas Timur dan Lintas Tengah karena itu perlu peningkatan pengawasan," kata Kepala Kepolisian Resort Kabupaten Kapolres Indragiri Hulu AKBP Aris Prasetyo Indaryanto di Rengat, Selasa.

Ia mengatakan, tahun 2014 diprediksi akan mencapai lima hingga 10 persen peningkatan pengguna jalan, untuk meminimalisir terjadinya rawan kemacetan, perampokan dan kecelakaan, pihak Polres terus meningkatkan kinerja untuk pelayanan masyararakat.

Hingga H -7 belum ada peningkatan jumlah kendaraan yang melintas di Jalan Lintas Timur maupun Lintas Tengah wilayah Kabupaten Indragiri Hulu, Arus lalu lintas tergolong normal, namun pada H-3 akan terjadi lonjakan tersebut.

"Kami berharap semua pengguna jalan sebaiknya benar-benar taat peratusan lalu lintas agar keselamatan dapat terjaga, jika ada sesuatu yang menyulitkan perlu bantuan pihak Kepolisian diminta untuk menyampaikannya," terangnya.

Ia menjelaskan, 138 personil yang terlibat dalam pengamanan dan pelayanan operasi ketupat tersebut berasal dari Polres Inhu, TNI, Dinas Perhubunga, Satpol PP, Pramuka dan Senkom.

Personil tersebut akan ditempatkan pada tiga pos pelayanan masing-masing di Simpang Tiga Japura Kecamatan Lirik, KM 211 Kelurahan Pengkalan Kasai Kecamatan Seberida dan KM 235 Kelurahan Pengkalan Kasai Kecamatan Seberida.

"Jumlah daerah rawan Laka di Jalan Lintas Timur diantaranya berada di KM 199 Desa Talang Jerinjing Kecamatan Rengat Barat, KM 267 Desa Balam Jaya Kecamatan Batang Gansal, KM 208-215 Dusun Berafit Kelurahan Pangkalan Kasai Kecamatan Seberida dan Jalan Perusahaan PT KAT Desa Kelesa," terangnya.

Selain itu, untuk Jalan Lintas Tengah terdapat daerah rawan laka yang berada di KM 279 Desa Jati Rejo Kecamatan Pasir Penyu, daerah rawan bencana banjir di Jalan Lintas Timur KM 259 Desa Sei Akar Kecamatan Batang Gansal dan daerah rawan longsor di Jalan Raya Pekanbaru - Tembilahan KM 229 Desa Kuala Cenaku.

Sementara itu, untuk jalan rusak di Jalan Lintas Tengah terdapat di Desa Binio KM 247 dan Desa Bongkal Malang dan KM 250 di Kecamatan Kelayang, di Kecamatan Peranap terdapat di Kelurahan Peranap KM 237 KM 239 Desa Semelinang Darat dan KM 241 Desa Semelinang Tebing.