Puskesmas Riau Siaga 24 Jam Layani Pemudik

id puskesmas riau, siaga 24, jam layani pemudik

Puskesmas Riau Siaga 24 Jam Layani Pemudik

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Gubernur Riau Annas Maamun menginstruksikan agar semua Puskesmas yang berlokasi di jalur mudik siaga 24 jam untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada warga selama arus mudik dan balik saat Idul Fitri 1435 H.

"Puskesmas kami minta aktif selama H-7 sampai H+7. Ini terutama Puskesmas di jalur lintas antar provinsi," kata Annas Maamun kepada wartawan di Pekanbaru, Rabu.

Sumatera ke arah Jambi, Lintas Utara menuju Sumatera Utara, maupun di Jalan Lintas Barat ke Sumatera Barat.

Menurut dia, Dinas Kesehatan Provinsi Riau sudah diperintahkan untuk berkoordinasi dengan dinas kesehatan di kabupaten/kota dalam memberikan pelayanan kesehatan selama arus m Ia meminta agar Dinas Kesehatan Riau memastikan jangan sampai ada Puskesmas di jalur mudik yang kekurangan tenaga medis.

"Kami juga sudah terjunkan beberapa personil tenaga perawat, serta dokter," ujarnya.

Gubernur Riau juga menginstruksikan agar masjid-masjid di jalur mudik juga diminta aktif selama 24 jam. Ia mengatakan masjid bisa berfungsi tidak hanya sebagai tempat ibadah, namun juga untuk tempat istirahat para pengguna jalan.

Karena itu, ia meminta agar pengurus masjid selama arus mudik dan balik tidak mengunci pintu masjid. Menurut dia, selama ini masjid selalu terkunci terutama jika malam hari usai melaksanakan salat Isha.

"Jadi pengurus masjid pun kami minta untuk tetap buka selama 24 jam. Ini biar masyarakat yang lagi mudik mengalami kelelahan bisa istirahat di masjid," katanya.