Sehari Puluhan Ribu Warga Pekanbaru Mudik

id sehari puluhan, ribu warga, pekanbaru mudik

Sehari Puluhan Ribu Warga Pekanbaru Mudik

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kepolisian Daerah Provinsi Riau mendata telah ada puluhan ribu warga yang bekerja dan menetap di Kota Pekanbaru melakukan aktivitas mudik Idul Fitri 1435 Hijriah dengan tujuan berbagai wilayah luar provinsi.

"Itu merupakan jumlah atau data pemudik sehari ini saja," kata Kepala Bidang Humas Polda Riau Ajun Komisaris Besar Guntur Aryo Tejo kepada pers lewat pesan elektronik yang diterima, Kamis malam.

Untuk pemudik yang berangkat menggunakan bus atau angkutan darat melalui Terminal Payung Sekaki Pekanbaru, jumlah keberangkatan sehari ini mencapai 423 unit, sementara yang datang 240 bus.

Ia mengatakan, untuk jumlah penumpang keberangkatan dari Pekanbaru menuju berbagai daerah lain di dalam maupun luar provinsi lebih dominan yakni mencapai 4.618 orang.

"Sementara itu untuk jumlah penumpang kedatangan dari berbagai wilayah luar Kota Pekanbaru dan luar Provinsi Riau ada sebanyak 1.918 orang," katanya.

Untuk para pemudik yang berangkat menggunakan armada laut, lanjut AKBP Guntur, rata-rata melalui Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru dengan jumlah penumpang sebanyak 757 orang.

Menurut dia jumlah itu juga lebih banyak dibandingkan dengan jumlah penumpang kedatangan lewat pelabuhan yang sama yakni hanya 240 orang.

"Untuk jumlah kapal yang datang ke pelabuhan itu hanya ada enam unit sementara yang berangkat sehari tadi ada sebanyak 13 unit," katanya.

Sementara itu untuk arus mudik melalui Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, lanjut Guntur, untuk penumpang keberangkatan mencapai 4.932 orang sementara jumlah kedatangan hanya 4.422 penumpang.

Pihak bandara menyatakan, dalam sehari itu untuk pesawat yang datang hanya 21 unit sementara yang berangkat mencapai 25 unit.