Jumlah Pemudik Di Bandara Pekanbaru Mulai Naik

id jumlah pemudik, di bandara, pekanbaru mulai naik

Jumlah Pemudik Di Bandara Pekanbaru Mulai Naik

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Otoritas Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru menyatakan jumlah penumpang pesawat jelang Lebaran mulai menunjukan adanya peningkatan, dan diprediksi puncak arus mudik akan terjadi mulai H-3.

"Peningkatan jumlah penumpang mulai ada meski belum signifikan, dan diperkirakan mulai H-3 ini sampai H-1 akan menjadi puncak arus mudik Lebaran di Bandara Pekanbaru," kata Airport Duty Manager SSK II, Ibnu Hasan, kepada pers di Pekanbaru, Jumat.

Berdasarkan data Posko Monitoring Angkutan Lebaran di Bandara SSK II, sebanyak 10.0011 penumpang telah melalui Bandara Pekanbaru pada Kamis (24/7) atau H-4 Lebaran. Jumlah itu merupakan penumpang dari 73 pesawat yang tiba dan berangkat saat itu.

Jumlah penumpang tercatat mengalami kenaikan sekitar 7,45 persen dibandingkan dengan periode yang sama saat arus mudik tahun 2013, yang mencapai 9.557 orang.

Jumlah penumpang sangat kontras dengan yang tercatat pada H-6 dan H-5, yang jauh lebih sedikit bahkan turun dibandingkan dengan tahun lalu masing-masing sebesar -18,36 persen dan -3,51 persen.

Otoritas Bandara Pekanbaru memprediksi puncak arus mudik bakal melayani sekitar 11.434 penumpang. Jumlah melebihi angka 11.000 penumpang diperkirakan akan terjadi hingga H-2, sebelum mulai menurun pada H-1 menjadi 9.770 orang.

"Tren penumpang pesawat setiap tahun rata-rata memang naik sekitar 10 persen," ujarnya.

Pada hari normal, rata-rata ada 60 pesawat yang datang dan pergi melalui Bandara Pekanbaru. Namun, pada H-4 lalu tercatat ada peningkatan menjadi 73 pesawat.

Meski begitu, Ibnu mengakui bahwa jumlah pesawat yang melalui Bandara Pekanbaru jauh berkurang ketimbang tahun lalu yang pada saat Lebaran bisa mencapai 88 pesawat dalam sehari. Namun, ia mengatakan para penumpang tetap bisa dilayani dengan maksimal karena maskapai sudah ada yang melakukan penambahan penerbangan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.

"Sampai kini baru satu maskapai yang melakukan penerbangan tambahan untuk rute domestik, yakni Lion Air untuk rute Pekanbaru-Batam," ujarnya.

Sedangkan, untuk penerbangan internasional yang telah mengusulkan "extra flight" adalah Air Asia rute Kuala Lumpur-Pekanbaru pada tanggal 27 Juli mendatang.