Kemenag: 239 Lokasi Salat Id Di Pekanbaru

id kemenag 239 lokasi salat id di pekanbaru

 Kemenag: 239 Lokasi Salat Id Di Pekanbaru

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kantor Wilayah Kementerian Agama Kota Pekanbaru menyiapkan 239 lokasi shalat Idul Fitri yang bisa digunakan umat muslim di Kota Pekanbaru, Riau, pada pelaksanaan Lebaran tahun ini.

"Pengurus yang sudah ditetapkan saat ini sedang melalukan persiapan di lokasi yang sudah ditentukan," kata Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Kemenag Pekanbaru, H. Zulkifli, kepada wartawan di Pekanbaru, Minggu.

Ia mengatakan lokasi Shalat Id tidak banyak berubah dibandingkan dengan pada tahun sebelumnya. Bahkan, jumlah lokasi berkurang dibandingkan dua tahun lalu --yang mencapai 250 tempat.

Masing-masing 12 kecamatan di Pekanbaru mendapat satu tempat besar yang bisa menampung banyak jamaah. Kemenag juga sudah menentukan imam dan khatib dalam pelaksanaan Shalat Idul Fitri di tempat-tempat tersebut.

Hanya Kecamatan Pekanbaru Kota yang mendapat dua lokasi besar, yakni di halaman kantor Gubernur Riau di Jalan Jenderal Sudirman dan Masjid Anur. Kemudian Kecamatan Lima Puluh berada di Lapangan Sitirejo Jalan Hasanudin, Kecamatan Sail di Lapangan Sekolah Polisi Negara/Diklat Polri, dan Kecamatan Senapelan di Lapangan Kampung Bukit.

Sedangkan, di Kecamatan Sukajadi Shalat Id diadakan di Masjid Ar-Rahman, Kecamatan Rumbai Pesisir di Lapangan Dakwah Caltex, Kecamatan Rumbai di Lapangan Politeknik Chevron, Kecamatan Payung Sekaki di Lapangan Masjid As Syakirin, Kecamatan Tampan di Lapangan Masjid Istiqomah, Kecamatan Bukit Raya di Lapangan Masjid Nururssalam, Kecamatan Marpoyan Damai di Lapangan NDP Simpang Tiga, dan Kecamatan Tenayan Raya di Lapangan Masjid Baiturrahim.

Ia meminta agar panitia shalat Id juga memperhatikan fasilitas penunjang shalat seperti lahan parkir, keamanan dan kebersihan untuk menjaga ketertiban umum.

"Petugas pengamanan sangat penting untuk mengatur arus lalu lintas sehingga tidak terjadi kemacetan," katanya.

Selain itu, ia juga mengimbau pengurus agar berkoordinasi dengan kepolisian untuk menjaga kemanan kendara