Polresta Pekanbaru Gelar Operasi Terpusat

id polresta, pekanbaru gelar, operasi terpusat

 Polresta Pekanbaru Gelar Operasi Terpusat

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kepolisian Resort Kota Pekanbaru, Provinsi Riau dan jajarannya dibantu instansi terkait serta komponen masyarakat menggelar operasi kepolisian terpusat selama 16 hari dalam rangka pengamanan kegiatan Idul Fitri 1435 Hijriah, agar masyarakat setempat dapat merayakannya dengan aman dan nyaman.

"Untuk wilayah Polsek Pekanbaru Kota, Pos Pengamanan Lebaran 2014 itu ada di jalan Sudirman di depan Pasar Ramayana dan pos ini siaga 24 jam," kata Kapolsek Pekanbaru Kota Kompol Dhana Ananda S, di Pekanbaru, Sabtu.

Pos Operasi Ketupat Polresta Pekanbaru telah dimulai dari 22 Juli hingga 6 Agustus 2014. Petugas yang siaga di pos ini ada 20 personil dengan masa piket selama 12 jam yang terdiri dari polisi dan satpol PP, TNI, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dan Setra Komunikasi (Sekom)

Ia menjelaskan, bahwa ini operasi terpusat dari Mabes Poilri yang diturunkan ke Polda lalu ke Polres dan Polsek jadi setiap wilayah yang rawan ada pos pengamanan. Seperti wilayah rawan macet lalu lintas dan rawan gangguan kriminalitas. Kebanyakan pos ini diadakan karena lokasinya yang agak berjauhan dengan kantor Polsek, sehingga dibentuk pos untuk mempermudah pelayanan pada masyarakat.

"Pos ini berfungsi untuk memberikan bantuan layanan pada masyarakat seperti info lalu lintas, jalur yang macet untuk dilalui, dan untuk pengaduan yang bersifat ringan, namun jika ada pengaduan tindakan kriminalitas tetap ditangani Polsek," jelasnya.

Ia menambahkan, jenis pos yang dibentuk Polresta Pekanbaru ada dua yakni pos pengamanan dan pos pelayanan. Pos pengamanan siaga selama 24 sementara pos pelayanan hanya ada di pusat perbelanjaan seperti mal yang beroperasi sejak mulai buka sampai tutup.

Pos pengamanan selain di Jalan Sudirman depan Ramayana ini, ada juga di Simpang Baru Panam, Terminal AKAP, Simpang Bingung, Hangtuah Ujung dan Sei Duku. Sementara pos pelayanan ada di pusat perbenjaan seperti di Mal Ska, Mal Ciputra, Mal Pekanbaru dan Plaza Citra. Bedanya khusus pos pelayanan ini yang bertugas hanya polisi bukan petugas gabungan seperti pos pengamanan.

Sementara itu terkait dengan keberadaan Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Kompol Dhana Ananda S, SH, S.IK. MSi menyatakan, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru berperan untuk membantu masyarakat yang mendadak sakit , khususnya masyarakat yang datang dari luar kota yang belum cocok dengan cuaca Pekanbaru seperti pusing atau mendadak jatuh saat berbelanja di sekitar Ramayana.

"Petugas kesehatan yang ada di pos pengamanan ini melakukan penanganan dini memberikan bantuan jika ada masyarakat yang mendadak sakit saat berada disekitar lokasi pos, untuk itu kita siagakan ambulance jika memang perlu dibawa ke rumah sakit," terangnya.