Disperindag Pekanbaru Kembali Gelar OP

id disperindag, pekanbaru kembali, gelar op

 Disperindag Pekanbaru Kembali Gelar OP

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, kembali menggelar operasi pasar pada Agustus 2014 di Kecamatan Tenayan Raya dalam membantu masyarakat kurang mampu mendapatkan sembako dengan harga relatif murah.

OP di Kecamatan Tenayan Raya segera digelar pascalebaran sebagai rangkaian 15 kali OP yang disiapkan di setiap kecamatan, kata Kabid Perdagangan Disperindag Pekanbaru Mas Irba H Sulaiman, Kamis.

Dari 15 kali operasi pasar ini dibagi untuk 12 kecamatan yang ada di Pekanbaru, sisanya tiga operasi pasar lagi akan digelar saat insidentil seperti banjir dan Ramadhan.

Jadi karena di Pekanbaru ada 12 kecamatan, maka sisanya 3 operasi pasar kita bagi satu untuk umat muslim yang menjalankan ibadah puasa, satu lagi untuk masyarakat non muslim yang merayakan Perayaan Natal dan sisanya satu operasi pasar kita siapkan untuk kondisi insidentil seperti banjir yang sering terjadi di kecamatan Rumbai, ujarnya.

Menurutnya, rata rata tiap pelaksanaan operasi pasar ada 1.000 paket Sembaki bersubsidi yang yang dijual murah pada masyarakat, terdiri dari beras 10 kilogram, gula 2 kilogram, minyak makan 2 kilogram dan 1 kaleng sarden.

"Harga normalnya satu paket ini Rp165.000, karena ada subsidi Rp50.000 maka di jual dengan harga Rp115.000 per paket dan diperuntukkan untuk mereka yang kurang mampu,"jelanya.

Ia menambahkan, dalam prakteknya kegiatan operasi pasar ini paket yang harusnya diterima oleh masyarakat kurang mampu justru diterima oleh masyakarat kelas menengah keatas , karena dari kualitas beras yang diberikan jauh lebih murah dibandingkan harga pasaran.

"Kita akui banyak kejanggalan terkait dengan pemberiaan paket murah ini. Paket yang harusnya diterima masyarakat kurang mampu malah dinikmati oleh masyakat kelas menengah keatas, dan pernah kita bagikan di Kecamatan Rumbai namun yang datang warga Simpang Tiga," ujarnya.

Ia menyatakan belum menemukan formula yang pas bagaimana paket ini bisa diterima oleh yang berhak, karena Disperindag hanya membagikan paket ini kepada Camat, pendistribusiannya kepada masyarakat merupakan tanggung jawab Camat, RW dan RT.

Lebih lanjut ia menyatakan, pada semester pertama dari Januari hingga Juli 2014 telah terlaksana delapan operasi pasar di Kota Pekanbaru yakni di Kecamatan Rumbai, Kecamatan Tampan, Kecamatan Lima Puluh, Kecamatan Pekanbaru Kota, Kecamatan Marpoyan Damai, Kecamatan Bukit Raya, Kecamatan Payung Sekaki dan di Kantor Walikota Pekanbaru pada saat Ramadhan. Rencananya usai Lebaran pada Agustus akan dilaksanakan di Kecamatan Tenayan Raya dan Desember di Kecamatan Rumbai Pesisir.