Jalur Utara Tujuan Terbanyak Penumpang Bus Pekanbaru

id jalur, utara tujuan, terbanyak penumpang, bus pekanbaru

 Jalur Utara Tujuan Terbanyak Penumpang Bus Pekanbaru

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Jalur lintas utara menjadi tujuan terbanyak penumpang bus asal Pekanbaru untuk mudik Idul Fitri 1435 H melalui Terminal Bandar Raya Payung Sekaki Pekanbaru, diikuti dengan jalur lintas timur.

"Berdasarkan data yang masuk di posko, yang paling banyak itu penumpang dengan tujuan arah lintas utara seperti Perawang, Buton, Dumai, Bagan, Medan, Sibolga, Sidikalang, Pematang Siantar, Banda Aceh, dengan jumlah bus 115, tempat duduk yang tersedia 2.184 dan jumlah penumpang 1.130," kata Koordinator Posko Mudik Monitoring Angkutan 2014 Dinas Perhubungan Provinsi Riau Rudi Simatupang, Kamis.

Rata rata jumlah penumpang 60 persen dari tempat duduk dan tidak ada lonjakan yang berarti namun ini membuktikan angkutan umum masih menjadi pilihan bagi masyarakat di tengah meningkatnya penggunaan kendaraan pribadi pada saat mudik, katanya.

Menurut dia, posko belum bisa membandingkan jumlah penumpang mudik pada tahun 2013 dengan 2014 karena data yang ada saat ini belum final, hasilnya baru bisa diketahui pada saat berakhirnya posko monitoring.

"Data ini belum final, hasilnya baru diketahui setelah berakhirnya masa tugas posko monitoring ini 5 Agustus mendatang, nanti baru diketahui perbandingan jumlah penumpang mudik angkutan umum 2013 dengan 2014," jelasnya.

Ia menambahkan, selain tujuan arah lintas utara, penumpang bus Terminal Bandar Raya Payung Sekaki, Pekanbaru juga banyak yang berangkat menggunakan bus dengan tujuan arah lintas timur seperti ke Rengat, Tembilahan, Jambi, Lampung, Palembang, Jakarta, Bandung dan Jawa.

"Berdasarkan data, tujuan arah lintas utara memang lebih banyak penumpangnya dibandingkan dengan tujuan arah timur, namun perbedaan itu tidak terlalu banyak," ungkapya.

Ia menjelaskan, Terminal Bandar Raya Payung Sekaki Pekanbaru rata rata tiap hari mampu menerima pergerakan penumpang berkisar 2.000 penumpang per hari ke dan dari berbagai tujuan perjalanan.

"Penumpang di terminal dapat memilih angkutan umum yang diinginkan sesuai dengan tujuan, seperti angkutan antar kota antar provinsi, angkutan antar kota dalam provinsi, angkutan antar jemput dalam provinsi (tavel), angkutan antar jemput antar provinsi (travel) dan angkutan pariwisata." ujarnya.

Ia menambahkan informasi mengenai arus mudik dapat di akses melalui website : www.dishubriau.go.id dan call center di 0761-33992