Panitia: Persiapan Pacu Jalur Kuansing Capai 90 Persen

id panitia persiapan, pacu jalur, kuansing capai, 90 persen

Panitia: Persiapan Pacu Jalur Kuansing Capai 90 Persen

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Panitia Pelaksana iven pacu jalur nasional 2014 di Tepian Narosa Teluk Kuantan, 21 - 24 Agustus 2014 menyatakan bahwa persiapan pergelaran sudah mencapai 90 persen dan diyakini akan sukses.

"Kami telah menggelar rapat evaluasi persiapan, ternyata persiapan telah matang hanya tinggal pelaksanaannya saja," kata Ketua Umum Pacu Jalur Event Nasional 2014, Drs H Muharman, M.Pd di Teluk Kuantan.

Ia mengatakan, program Nasional yang diselenggarakan setiap tahun di Kabupaten Kuantan Singingi ini sudah menjadi penantian masyarakat, hampir semua warga kuantan Singingi yang ada di daerah tersebut maupun diperantauan menunggu pergelaran besar ini.

Tahun 2014 progran pacu jalur bertaraf nasional ini diyakini akan lebih meriah karena sesuai dengan agenda dihiasi dengan penampila atlet dayung yang sudah berpengalaman, selain itu juga akan diikuti sejumlah kabupaten/kota di Riau.

"Dalam rapat evaluasi tersebut dibahas seluruh kesiapan rangkaian acara mulai dari pendaftaran jalur, pembukaaan, pelaksanaan pacu seperti persiapan gelanggang, malam kesenian dan acara penutupan," ucapnya.

Menurut dia, Pacu jalur tradisional ini direncanakan akan dibuka Gubernur Riau, H Anas Maamun dan juga tentunya dihadiri sejumlah pejabat provinsi. Tahun 2014 ini ada hampir mencapai ratusan jalur yang akan bertarung dimana pejalur tersebut merupakan atlet unggulan dari daerah masing-masing.

Karena pacu jalur ini sudah menjadi icon nasional dan satu - satunya objek wisata lokal unggulan masyarakat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi, maka pergelarannya akan ditumpangi dengan sejumlah atraksi dan pergelaran lain yang lebih meriah.

"Pacu jalur ini sudah di agendakan oleh pemerintah daerah, bahkan sejumlah dana dikucurkan untuk penyelenggaraannya, selain itu juga akan melibatkan sejumlah perusahaan yang beraktivitas di wilayah Kuantan Singingi," ucapnya.

Dia menjelaskan, pada iven tahun ini, diperkirakan jutaan orang akan memadati kota Teluk Kuantan, bahkan diperkirakan juga akan dikunjungi penggemar dari beberapa negara, karena iven nasional ini sudah mendunia.