OPM Serahkan Lima Pucuk Senjata, Papua Kembali ke Ibu Pertiwi

id opm serahkan, lima pucuk, senjata papua, kembali ke, ibu pertiwi

OPM Serahkan Lima Pucuk Senjata, Papua Kembali ke Ibu Pertiwi

Jayapura, (Antarariau.com) - Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih Letkol Inf Rikas Hidayatullah, mengatakan sebanyak lima pucuk senjata api dari berbagai jenis diserahkan oleh kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Kampung Sumuruk di Distrik Ransiki, Kabupaten Manokwari Selatan, Papua Barat pada Sabtu sore.

"Selain itu, ada 500 simpatisan dan kelompok OPM di Sumuruk yang menyerahkan diri, kembali ke pangkuan ibu pertiwi yang diterima langsung oleh Pak Pangdam," katanya di Jayapura, Papua, Sabtu petang.

Ia mengatakan, penyerahan senjata dan kembalinya kelompok OPM Kaswari 1 dan Kaswari 2 ke pangkuan NKRI diterima langsung oleh Pangdam XVII/Cendrawasih, Mayjen TNI Christian Zebua.

"Masyarakat Kampung Sumuruk dan sekitarnya di Distrik Ransiki menyerahkan senjata yang diikuti sekitar 500 orang kelompok OPM yang dikoordinir oleh kepala kampung Yance Mandacan, Sayori dan Ajis Mandacan," katanya.

Selain itu, dalam penyerahan lima pucuk senjata dan bendera bintang kejora dari para simpatisan dan kelompok OPM itu juga menerima bendera Merah Putih dari Pangdam XVVII/Cenderawasih Mayjen TNI Christian Zebua.

"Lima pucuk senjata yang diserahkan itu terdiri dari satu pucuk SKS, dua pucuk Revolver, satu pucuk Double loop, dan satu pucuk M 16 A1," katanya.

Rikas mengatakan dalam penyerahan senjata dan kembalinya 500 OPM itu, Yance Mandacan sebagai pimpinan kelompok itu mengatakan mereka sudah lama berjuang dan tidak berhasil sehingga memilih untuk turun gunung dan membangun kampung.

"Kami sudah bosan berjuang di hutan. Tidak ada gunanya, lebih baik kembali dan bergabung dengan NKRI. Kami harap rekan-rekan lain bisa mengikuti jejak kami," kata Rikas coba menirukan pernyataan Yance dan dua orang rekannya.