Disdik: Sekolah Dumai Siap Terapkan Kurikulum 2013

id disdik sekolah, dumai siap, terapkan kurikulum 2013

Disdik: Sekolah Dumai Siap Terapkan Kurikulum 2013

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Kepala Dinas Pendidikan Kota Dumai Riau Syaari memastikan seluruh sekolah di daerah itu siap menjalankan proses belajar-mengajar dengan menerapkan sistem kurikulum 2013.

"Pada 2013 lalu, Dumai termasuk salah satu daerah yang menjadi pilot project kurikulum 2013 di 15 sekolah, dan untuk pelaksanaan 2014 ini semua sekolah telah siap untuk menerapkan," katanya, Selasa.

Dia menjelaskan, untuk menyongsong pelaksanaan kurikulum 2013 ini, Dinas Pendidikan (Disdik) setempat telah menggelar sosialisasi dan beberapa kali pelatihan bagi tenaga pengajar dengan hasil penilaian memuaskan.

"Lebih seribuan guru di Dumai telah mengikuti pelatihan sebanyak tiga gelombang, dan keseluruhan mereka dinyatakan lulus dan siap untuk menerapkan kurikulum 2013 dalam proses belajar mengajar di sekolah," terangnya.

Kurikulum 2013 yang akan diterapkan semua sekolah mulai tingkatan SD, SLTP dan SLTA negeri dan swasta ini, lanjutnya, diyakini akan lebih merangsang cara berpikir anak didik lebih luas dan kreatif dalam belajar.

Sebab, materi dalam sistem kurikulum 2013 dianggap lebih bagus dan disesuaikan dengan perkembangan peserta didik karena pola pembelajaran cenderung membuka cara berpikir meluas serta tidak monoton dalam kelas.

"Kurikulum 2013 akan merangsang anak untuk berpikir lebih luas dan sangat berbeda dengan sistem pembelajaran sebelumnya," ungkapnya.

Disamping kesiapan tenaga pendidik, Disdik Dumai juga telah memastikan persiapan anak didik untuk mengikuti sistem pendidikan yang ditetapkan pemerintah untuk wajib dilaksanakan di semua sekolah.

"Kesiapan siswa relatif tergantung dari penyampaian materi yang diberikan guru, namun kita yakin semuanya sudah siap," demikian dia.

Penerapan sistem kurikulum 2013 di Dumai sejauh ini akan segera dilaksanakan, termasuk dengan penyediaan buku yang kini masih dalam proses pemesanan dan belum keseluruhan didistribusikan pemerintah.