Disperindag Pekanbaru Antisipasi Peralihan Konsumen LPG

id disperindag pekanbaru, antisipasi peralihan, konsumen lpg

Disperindag Pekanbaru Antisipasi Peralihan Konsumen LPG

Pekanbaru, (Antarariau.com)- Kenaikan LPG tabung 12 Kilogram diprediksi beralihnya konsumen menengah keatas ke LPG tabung 3 Kilogram yang seharusnya diperuntukkan untuk masyarakat menengah ke bawah yang disubsidi oleh pemerintah.

"Kita prediksi akan ada peralihan konsumen menengah keatas ke LPG tabung 3 Kilogram sebagai dampak dari kenaikan LPG tabung 12 Kilogram, ini mesti kita awasi karena LPG tabung 3 Kilogram diperuntukkan untuk masyakarat menengah kebawah yang disubsidi pemerintah,"Kata Kabid Perdagangan Disperindag Pekanbaru, di Pekanbaru, Selasa

Menurut Dia, jika kenaikan ini mulai diberlakukan Agustus ini maka pengawasan harus cepat dilakukan karena yang terjadi nantinya adalah hukum pasar, siapa yang mampu yang akan membeli.

"Kita akan awasi dan lakukan razia terkait dengan distribusi LPG tabung 3 Kilogram ini apa tepat sasaran atau tidak, karena ada kemungkinan konsumen yang biasa membeli LPG tabung 12 Kilogram akan beralih disebabkan harga kenaikan ini dikisaran Rp1000 hingga Rp1500 per kilogram jadi ada kenaikan Rp15.000, jika sekarang di jual Rp160.000 nantinya akan mencapai Rp175.000" ungkapnya

Ia menambahkan, sebenarnya tidak ada masalah dengaan kenaikan LPG tabung 12 Kilogram namun dampak dari kenaikan ini yang memunculkan masalah baru, karena untuk rumah tangga terasa berat untuk membeli dengan harga Rp175.000 per tabung, sementara harga LPG tabung 3 Kilogram di jual Rp15.000.

"Peralihan ini pasti ada, sekarang aja kebutuhan LPG tabung 3 Kilogram per bulannya di Pekanbaru mencapai 420 ribu tabung,jika konsumen LPG tabung 12 Kilogram ikut membeli diperkirakan kebutuhan bulanan ini akan mencapai 600 sampai 700 tabung per bulan" tambahnya.

Ia menjelaskan, saat ini telah ditemukan kasus penjualan LPG tabung 3 Kilogram, meski belum ada keputusan pemerintah mengenai kenaikan LPG tabung 12 Kilogram, ini bukti spekulasi telah terjadi terkait dengan kenaikan ini.

"Kita dapat informasi ada sejmlah toko yang menjual LPG 3 Kilogram seharga Rp150.000 pertabung, jadi tabung di jual Rp100.000 dan gas nya dengan harga Rp50.000 ini kan tidak boleh karena disubsidi pemerintah, tabung ini milik pemerintah kok di jual, ini akan kita telusuri bila memang terbukti kita tindak,"jelasnya.

Lebih lanjut Ia menjelaskan, jumlah agen yang menjual LPG tabung 3 Kilogram di Pekanbaru ada 12 agen dengan jumlah pangkalan 640, namun yang terdaftar hanya 150 pangkalan.

"Kita saat ini berupaya menertibkan pangkalan yang tidak terdaftar untuk mengurus izin di Disperindag dan sejak Juli lalu telah ada sekitar 60 pangkalan yang mengurus izin, ini penting untuk mengawasi LPG 3 Kilogram agar tepat sasaran," tegasnya.