Kemenag Rohul Tunggu Intruksi Pusat Terkait Ebola

id , kemenag rohul, tunggu intruksi, pusat terkait ebola

  Kemenag Rohul Tunggu Intruksi Pusat Terkait Ebola

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, masih menunggu instruksi dari Pemerintah Pusat untuk mewasdai para calon jamaah haji daerah tersebut tertular virus ebola saat berada di Tanah Suci.

"Kalau tentang itu (virus ebola dan middle east respiratory syndrome corona virus-MERS-CoV) kami masih menunggu instruksi dari menteri kesehatan," ujar Kepala Kantor Kemenag Rohul Ahmad Supardi Hasibuan melalui telepon seluler dari Pekanbaru, Rabu.

Meski demikian, lanjutnya, sebanyak 249 orang calon jamaah haji dari kabupaten tersebut telah disuntik vaksin meningitis ditambah dengan vaksin influenza khusus bagi jamaah yang berasal dari Rokan Hulu.

Dikhawatirkan para jamaah haji akan berbaur dan berkumpul pada suatu tempat seperti pada saat melaksanakan wukuf di Padang Arafah, Arab Saudi yang rentan tertular virus berbahaya seperti ebola dan MERS.

Seperti diketahui, jumlah kasus MERS-Cov yang terdaftar di Arab Saudi paling sedikit telah 480 orang termasuk 139 orang yang menyebabkan kematian. Sementara hingga saat ini ahli kesehatan dunia belum menemukan penyebab sebagian kasus mudah menular ke orang lain.

Sementara Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, kasus virus ebola di benua Afrika telah mencapai 2.240 orang termasuk 1.229 orang penyebab kematian yang terjadi pada empat negara seperti Nigeria, Guinea, Liberia dan Sierra Leone.

"Ya, masih menunggu petunjuk tentang itu. Cuma secara khusus terkait ebola belum ada instruksi, lagi pun kita tidak menguasainya dan harus menunggu dari Kesehatan itu termasuk virus sebelumnya (MERS-Cov)," katanya.

Berdasarkan data Kemenag Riau untuk tahun 2014, sebanyak 4.036 orang calon jamaah haji berangkat ke tanah suci untuk menunaikan rukun Islam terakhir dan jumlah jamaah tersebut dibagi menjadi 9 kloter dengan embarkasi haji di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Riau Tarmizi Tohor sebelumnya mengatakan, calon jamaah haji kloter pertama dari daerah tersebut dijadwalkan akan berangkat ke tanah suci pada 1 September mendatang melalui embarkasi haji di Batam.

"Rombongan kloter pertama dari Riau itu merupakan rombongan calon jamaah haji dari Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kuantan Singingi sebanyak 450 orang," ucap Tarmizi.