Kemenag Riau: 34 CJH Batal Berangkat

id kemenag riau, 34 cjh, batal berangkat

Kemenag Riau: 34 CJH Batal Berangkat

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Riau menyatakan sebanyak 34 calon jemaah haji (CJH) berasal dari daerah tersebut yang seharusnya berangkat ke tanah suci menunaikan rukun Islam kelima, memutuskan batal berangkat tahun ini.

"Dari jumlah total 4.036 orang calon jamaah haji asal Riau yang berangkat tahun ini, namun ada juga yang menyatakan mundur lebih kurang 34 orang," ujar Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji, Zakat dan Wakaf Kantor Wilayah Kemenag Riau Muhammad Aziz melalui telepon seluler dari Pekanbaru, Rabu.

Menurutnya, pembatalan yang dilakukan oleh 34 orang calon jemaah haji dari kabupaten/kota di Riau baru diketahui saat mereka melakukan pelunasan sisa Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) reguler tahun 2014.

Ke-34 orang tersebut tidak melunasi BPIH reguler dengan berbagai alasan seperti menunda keberangkatan ke tanah suci tahun ini dikarenakan suatu sebab, kemudian menyatakan batal berangkat diserta dengan alasan dan lain sebagainya.

"Mereka (calon jamaah haji) menyatakan menunda atau mundur dan batal berangkat tahun ini dengan berbagai sebab. Sehingga kuota yang kita dapatkan untuk Riau sebanyak 4.036 orang, jadi berkurang karena tidak terisi," katanya.

Pihaknya, lanjut dia, telah memberi kesempatan kepada para calon jemaah haji untuk segera dapat melunasi sisa BPIH sesuai dengan ketersediaan kursi yang ditentukan pemerintah pusat untuk jamaah yang mengikuti manasik haji.

Seperti diketahui, BPIH telah dibuka mulai tanggal 11 Juni sampai 9 Juli 2014 dan jika belum dilunasi, maka pembayaran diperpanjang dari 14 hingga 17 Juli 2014. Jika sampai 18 Juli 2014 kuota jamaah haji tidak terpenuhi juga, maka pihaknya membuka pembayaran BPIH diperpanjang menjadi sampai 21 hingga 24 Juli 2014.

"Itu yang sekarang terjadi pada kita (Riau) dan kebetulan saya sedang berada di Jakarta untuk meminta semacam petunjuk dari pusat (Kemenag) menyangkut dengan pengurangan sisa kuota jamaah haji dari Riau," ucapnya.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Riau Tarmizi Tohor sehari sebelumnya mengatakan, sebanyak 4.036 orang calon jamaah haji akan berangkat ke tanah suci untuk menunaikan rukun Islam terakhir.

Jumlah jamaah tersebut dibagi menjadi 9 kelompok terbang dengan embarkasi haji di Batam, Provinsi Kepulauan Riau dan kelompok terbang pertama dari provinsi tersebut dijadwalkan akan berangkat ke tanah suci pada 1 September 2014.

"Rombongan kloter pertama dari Riau itu merupakan rombongan calon jamaah haji dari Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kuantan Singingi sebanyak 450 orang," kata Tarmizi.