249 CJH Rohul Tinggal Manasik Haji

id 249 cjh, rohul tinggal, manasik haji

249 CJH Rohul Tinggal Manasik Haji

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menyatakan sebanyak 249 orang calon jamaah haji asal daerah itu tinggal melaksanakan manasik haji, sebelum bertolak ke tanah suci Arab Saudi pada tanggal 5 September 2014.

"Untuk persiapan jamaah, tinggal manasik haji. Meski sudah tujuh kali dilaksanakan, namun ditingkat kabupaten tinggal pemantapan sifatnya pada 22 sampai 24 Agustus 2014," ujar Kepala Kantor Kemenag Rohul Ahmad Supardi Hasibuan melalui telepon seluler dari Pekanbaru, Rabu.

Menurutnya, manasik haji terakhir yang merupakan pemantapan bakal diikuti oleh seluruh calon jamaah haji yang berasal dari daerah tersebut bakal dilaksanakan di Masjid Agung Madani Islamic Centre, Kota Pasir Pengaraian.

Secara keseluruhan persiapan pemberangkatan CJH Rohul dalam menunaikan ibadah haji tahun ini, sudah hampir rampung. Sehingga para jamaah haji tinggal melakukan syukuran lagi yang digelar di rumah masing-masing.

"Koper jamaah, semua sudah kita bagikan kepada 249 orang. Kemudian untuk pesawat yang membawa para jamaah dari Pasir Pangaraian menuju Batam, Kepulaun Riau, sudah kita siapkan. Setelah itu para calon jammah haji tinggal melaksanakan syukuran," katanya.

Calon jamaah haji Rokan Hulu, lanjutnya, akan diberangkan ke Bandara Internasional Hang Nadim Batam menggunakan armada pesawat miliki maskapai Nusantara Air dari dari Bandara Tuanku Tambusai Pasir Pengaraian.

"Untuk paspor, sudah selesai 15 hari lalu. Nanti, Insya Allah 4 September kita berangkat ke Batam dan tanggal 5 Agustus berangkat menuju Arab Saudi. Ada tiga penerbangan dan masing-masing penerbangan, dibagi 83 orang dari kapasitas pesawat 86 orang," ucapnya.

Berdasarkan data Kemenag Riau untuk tahun 2014, sebanyak 4.036 orang calon jamaah haji berangkat ke tanah suci untuk menunaikan rukun Islam terakhir dan jumlah jamaah tersebut dibagi menjadi 9 kloter dengan embarkasi haji di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Riau Tarmizi Tohor sebelumnya mengatakan, calon jamaah haji kloter pertama dari daerah tersebut dijadwalkan akan berangkat ke tanah suci pada 1 September mendatang melalui embarkasi haji di Batam.

"Rombongan kloter pertama dari Riau itu merupakan rombongan calon jamaah haji dari Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kuantan Singingi sebanyak 450 orang," ucap Tarmizi.