Pemkab Bengkalis Gelar Lomba Sampan Layar

id pemkab bengkalis, gelar lomba, sampan layar

Pemkab Bengkalis Gelar Lomba Sampan Layar

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, akan menggelar perlombaan sampan layar dan dayung tradisional untuk masyarakat umum yang ada di daerah itu.

"Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan beberapa pekan mendatang di Selat Bengkalis," kata Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dibudparpora) Eduar kepada pers di Pekanbaru lewat pesan elektronik yang diterima, Rabu siang.

Menurut dia, perlombaan tersebut adalah ajang lomba mengendalikan kepiawaian atau kebolehan para peserta mengedalikan sampan layar dan dayung tradisional.

Sebagai daerah maritim yang berhadapan langsung dengan selat Melaka, lanjut kata dia, Kabupaten Bengkalis tidak hanya kaya dengan sumber lautnya, tapi juga menyimpan beragam potensi lainnya.

Di antaranya, kata dia, adalah kepiawaian penduduk tempatan menakhodai sampan tradisional, baik yang menggunakan layar atau hanya cukup dengan dayung.

"Nah, saat ini kemahiran dan kepiawaian yang dilahirkan para nenek moyang itu sedikit banyak mulai tergerus oleh kemajuan dan perkembangan zaman. Makanya kemudian kami gagas kegiatan ini untuk tetap menjaga kepiawaian itu," katanya.

Selain itu, kata dia lagi, kegiatan ini dilaksanakan juga bagian dari upaya pemerintah daerah untuk mengenang kembali apa yang sudah menjadi kebiasaan nenek moyang.

"Mudah-mudahan kegiatan lomba ini menjadi cikal bakal iven-iven lomba sampan untuk tahun-tahun mendatang," ujarnya.

Ia mengatakan, syarat dan ketentuan perlombaan sudah ditetapkan oleh panitia, dimana untuk kategori Sampan Layar, pesertanya hanya tiga orang (untuk satu sampan), ukuran sampan layar maksimal 1,5 ton.

Layar yang digunakan kata dia diwajibkan terbuat dari kain dan bukan plastik.

"Setiap sampan layar diperbolehkan menggunakan satu campang," katanya.

Sementara untuk kategori Sampan Dayung, kata dia, setiap satu sampan hanya untuk satu orang, menggunakan dayung panjang bukan campang, sampan khusus jenis kempang.

"Pendaftaran telah dibuka sejak tanggal 5 sampai 26 Agustus 2014 di Kantor Disbudparpora. Semua peserta wajib mengikuti tekhnikal meeting pada tanggal 28 Agustus 2014, pukul 09.00 WIB di Hotel Marina Bengkalis," katanya.(us)