DPP Golkar Tetapkan Suparman Sebagai Ketua DPRD Riau

id dpp golkar, tetapkan suparman, sebagai ketua, dprd riau

DPP Golkar Tetapkan Suparman Sebagai Ketua DPRD Riau

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar telah menetapkan calon anggota legislatif terpilih, Suparman sebagai ketua DPRD Riau sementara dan sekaligus definitif untuk periode 2014-2019.

"DPP sudah menurunkan nama yang direkomendasikan untuk menjadi Ketua DPRD Riau sementara dan definitif yakni saya sendiri," kata Suparman ketika dikonfirmasi di Pekanbaru, Rabu.

Ia mengatakan sebelumnya Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Riau berdasarkan permintaan Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD telah mengirimkan tiga nama untuk direkomendasikan sebagai ketua sementara. DPP, lanjutnya, telah menindaklanjuti dan DPD juga telah memberitahukannya kepada Sekwan.

Menurut dia, dalam proses penjaringan ketua tersebut terdapat beberapa kriteria. Diantaranya adalah kesinambungan, pengalaman sesuai tingkatannya, punya jabatan di partai, dan kemudian diukur dengan jumlah perolehan suaranya.

Berdasarkan ketentuan, pemilihan ketua DPRD diserahkan kepada partai pemenang pemilu daerah yang bersangkutan. Untuk Provinsi Riau, Golkar berhasil menjadi pemenang dengan menempatkan 14 orang wakilnya dari 65 jatah kursi yang ada untuk DPRD Riau.

Data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau menyebutkan Suparman bukanlah caleg yang memperoleh suara terbanyak diantara 14 calon Golkar yang memperoleh kursi. Suaranya menempati urutan keempat terbanyak dengan jumlah 25.110 suara.

Sementara itu, tiga besar perolehan suara Golkar yang pertama adalah Septina Primawati. Istri mantan Gubernur Riau Rusli Zainal ini berhasil meraup 26.480 suara di dapil Indragiri Hilir. Kedua terbanyak adalah Karmila Sari dari dapil Rokan Hilir dengan 26.368 suara dan ketiga Sewitri yang maraih 26.287 suara di dapil Siak-Pelalawan.

Akan tetapi, ketiganya belum mempunyai pengalaman pada tingkatan DPRD Riau, sedangkan Suparman saat ini masih tercatat sebagai anggota DPRD Riau yang bertugas di Komisi A.

Dalam kepengurusan partai Golkar, ia juga merupakan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Golkar Kabupaten Rokan Hulu yang juga merupakan daerah pemilihannya saat pemeilihan legislatif lalu.