Iven Pacu Jalur Dimeriahkan Festival Seni

id iven pacu, jalur dimeriahkan, festival seni

Iven Pacu Jalur Dimeriahkan Festival Seni

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Panitia pelaksanaan iven pacu jalur tradisional tingkat nasional di Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau menyajikan hiburan kepada pengunjung dengan menggelar festival seni diikuti oleh sejumlah kabupaten dan provinsi.

"Peserta festival berasal dari Kabupaten Indragiri Hulu, Kampar, Pekanbaru dan Sumatra Barat dan kegiatan ini menjadi tontonan tambahan selain festival pacu jalur itu sendiri," kata Sekretaris Kabupaten Kuantan Singingi Drs H Muharman saat membuka Festival Kesenian Daerah di Taman Jalur Teluk Kuantan, Rabu.

Pacu jalur itu sendiri adalah sebuah perlombaan mendayung di sungai dengan menggunakan perahu dengan panjang 25-40 meter terbuat dari kayu pohon dan didayung oleh 40 peserta.

Dalam festival seni itu ditampilkan berbagai kesenian khas daerah masing-masing untuk menghibur peserta pacu jalur dan warga masyarakat setempat.

"Pada siang dan sore hari warga masyarakat menyaksikan pacu jalur dan malamnya mereka bergembira dengan atraksi kesenian. Tentunya ini akan berkesan bagi mereka," ujarnya.

Ia mengatakan, iven pacu jalur sudah menjadi agenda rutin daerah, selama berlangsungnya pacu jalur tersebut panitia menyelenggarakan sejumlah kegiatan sebagai pendukung seperti pergelaran seni, musik dan lagu yang dapat menghibur warga.

Pelaksanaan iven nasional ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi warga Kuantan Singingi, dimana daerah itu menjadi pusat perhatian banyak orang dan menjadi tujuan wisata baik bagi wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

"Rantau Kuantan Singingi negeri beradat dan bermartabat, negeri yang subur, indah dan permai, yang kaya dengan berbagai seni budaya yang telah berakar dalam kehidupan insan di negeri ini, juga memiliki randai, kayat, rarak godang yang kesemuanya itu menjadi kebanggaan masyarakat Kuansing," ulasnya.

Pemerintah Kuansing dan masyarakat harus senantiasa peduli dan tanggap terhadap tumbuh dan kembang seni budaya, peran serta dan partisipasi masyarakat akan terus ditingkatkan. Sebab tanpa dukungan dari semua pihak maka tidak akan terwujud.