Tanoto Kembangkan Belajar Aktif Di Tiga Provinsi

id tanoto, kembangkan belajar, aktif di, tiga provinsi

 Tanoto Kembangkan Belajar Aktif Di Tiga Provinsi

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Yayasan nirlaba Tanoto Foundation yang memiliki visi menjadi pusat unggulan dalam penanggulangan kemiskinan melalui pendidikan, mengembangkan sistem belajar aktif dan kreatif lebih dari 240 SD Negeri yang tersebar pada tiga provinsi di Sumatera.

Ketiga provinsi itu yakni Sumatera Utara, Riau dan Jambi melalui program Peningkatan Kualitas (Pelita) Pendidikan," kata Board of Trustees Tanoto Foundation Anderson di Pekanbaru Kamis.

Dia mengatakan bermain merupakan kebutuhan bagi anak, karena melalui permainan, anak akan memperoleh pengetahuan yang dapat mengembangkan kemampuan diri.

Anderson yang sehari sebelumnya melakukan kunjungan dan bermain serta membaca bersama para siswa SD Negeri yang berada di Sering Barat, Kabupaten Pelalawan, Riau.

Menurutnya, salah satu program yang tengah dikembangkan pihaknya pada tingkat sekolah dasar adalah pembelajaran sambil bermain menggunakan buku-buku yang menarik dan kartu permainan untuk meningkatkan minat baca serta pengetahuan anak-anak.

Program yang terintegrasi dan komprehensif tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah melalui pelatihan serta pendampingan guru, agar tercipta perubahan paradigma dalam mengajar secara sistematik.

"Untuk mendukung kegiatan itu, kami mengembangkan perpustakan sekolah. Buku-buku yang ada di perpustakaan tersebut selain buku tetap seperti ensiklopedia, juga dilengkapi buku bergulir dan biasanya diputar di 5 SD terdekat. Agar perpustakaan tetap mendapatkan buku baru, tanpa mengeluarkan dana tambahan," katanya.

Selain itu, lanjutnya, untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, Tanoto Foundation berkontribusi seperti beasiswa kepada 4.200 mahasiswa sarjana dan pascasarjana di 20 perguruan tinggi serta program Pelita Pendidikan di lebih dari 240 sekolah pedesaan.

"Lebih dari 3000 orang guru telah mengikuti program pelatihan yang berkelanjutan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas mereka dalam mengajar. Kami juga telah membuka sejumlah tempat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Sumatera Utara, Riau, Jambi dan Jakarta," ucapnya.

Ketua Pengurus Tanoto Foundation Sihol Aritonang mengatakan dukungan dalam mengentaskan kemiskinan terutama di pedesaan bukan hanya tanggung jawab dari pemerintah semata, tetapi semua pihak termasuk sektor swasta.

Salah satu jalan paling efektif memberantas kemiskinan adalah melalui jalur pendidikan melalui upaya yang terintegrasi antara pendidikan, pemberdayaan dan peningkatan kualitas hidup manusia.

"Tanoto Foundation secara konsisten telah melakukan hal-hal tersebut sejak tahun 1981 dan kita juga terus mendukung program pemerintah," katanya.