DI Pekanbaru, Wamenag dan Ketua PBNU Pemateri Seminar Pencegahan ISIS

id di pekanbaru, wamenag dan, ketua pbnu, pemateri seminar, pencegahan isis

DI Pekanbaru, Wamenag dan Ketua PBNU Pemateri Seminar Pencegahan ISIS

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Wakil Menteri Agama, Prof. Dr. Nasaruddin Umar MA akan menjadi pemateri Seminar Nasional pencegahan paham "Islamic State of Iraq and Syria" (ISIS) pada 26 Agustus di Hotel Aryaduta, Pekanbaru.

"Pematerinya ada Wakil Menteri Agama Prof. Dr. Nasaruddin Umar MA dan juga Ketua Pengurus Besar Nahdatul Ulama Prof. Dr. Said Agil Siraaj MA," kata Ketua Panitia Seminar Nasional itu, AKBP Imam Saputra di Pekanbaru, Jumat.

Selain dua nama di atas, lanjutnya, juga ada Direktur Penindakan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Brigjen Pol Petrus lendhard Golose Kolose, Dirjen Kesatuan bangsa Politik dan perlindungan Masyarakat (Kesbang Polinmas) Kementrian Dalam Negeri, Mayor Jendral Purnawirawan Tanri Bali Lamo, dan "keynote Speaker" Kepala BNPT Jendral Purnawirawan Ansyad Mbay.

"Serta moderatornya nanti Presenter Aviani Malik," ungkapnya.

Seminar tersebut, katanya, bertema "Sinergitas Polisional dalam upaya pencegahan paham radikalisme menangkal dan menanggulangi bahaya ideologi ISIS".

Ia menyatakan kegiatan tersebut merupakan kerjasama antara Polda Riau, Kantor Wilayah kementrian Agama Riau, dan Kesbang Polinmas Riau.

"Peserta nantinya akan terdiri dari instansi terkait sperti pemerintah daerah, Korem, Imigrasi, Kejaksaan, dan juga dari organisasi masyarakat seperti NU, Muhammadiyah, Hizbut Tahrir, dan Front Pembela Islam di Riau," jelasnya.

Selanjutnya para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, dosen, cendikia yang dianggap sebagai representasi masyarakat juga turut diundang. Selain itu, kegiatan juga didukung oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat sehingga diperkirakan kapasitas peserta mencapai 600 orang.

Kemudian pada seminar tersebut juga direncanakan deklarasi tolak ISIS oleh ormas yang hadir karena acara tersebut juga merupakan bagian dari menyikapi keberadaan ISIS itu sendiri.

Terkait persiapan, Imam menyatakan hingga saat ini telah dilakukan beberapa rapat gabungan. "Pada Senin (25/8) akan dilakukan gladi kotor sekaligus gladi bersih," sebutnya.