PDIP Segera Tetapkan Ketua DPRD Dumai

id pdip segera, tetapkan ketua, dprd dumai

PDIP Segera Tetapkan Ketua DPRD Dumai

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Dumai Riau segera menetapkan seorang calon legislatif terpilih sebagai Ketua DPRD periode setempat 2014-2019.

Sekretaris DPC PDIP Dumai Uber Firdaus menyatakan, internal partai berlambang banteng moncong putih ini telah mengusulkan dua nama menjadi ketua DPRD, yaitu Gusri Effendi dari daerah pemilihan Dumai Kota dan Supriyanto dari Kecamatan Bukit Kapur.

"Penetapan calon ketua DPRD Dumai akan diputuskan dewan pimpinan pusat partai, setelah melakukan tes tertulis dan psikotes terhadap dua nama yang kita usulkan," katanya kepada wartawan, Jumat.

Menurutnya, penentuan dua nama calon legislatif terpilih ini, berdasarkan beberapa pertimbangan, diantaranya, ketokohan di tengah masyarakat dan aktif berorganisasi di internal kepartaian serta menduduki jabatan kepengurusan.

Calon pimpinan DPRD ini, lanjutnya, telah mengikuti tes di DPP PDIP pada 13-14 Agustus lalu sesuai petunjuk pelaksanaan (Juklak) yang diterima, untuk selanjutnya ditetapkan satu nama yang direkomendasikan sebagai ketua parlemen setempat.

"Setelah ada rekomendasi, secepatnya akan disampaikan ke sekretariat DPRD Dumai yang sejauh ini belum meminta partai untuk mengirimkan nama ketua sementara," ungkapnya.

Pada pleno rekap penghitungan suara KPU lalu, PDIP mendominasi perolehan suara pemilih dengan meraih 21.584 suara dengan 5 caleg terpilih.

Sementara, Ketua KPU Dumai Darwis menyatakan, 30 anggota DPRD terpilih hasil pemilihan legislatid 9 April lalu akan dijadwalkan pelantikan pada 3 September depan.

Prosesi pelantikan wakil rakyat periode baru ini, sebutnya, direncanakan dalam nuansa melayu dan dilaksanakan tradisi istiadat tepuk tepung tawar di gedung Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) setempat sehari jelang dilantik.

"Rencana ini masih dibahas dan dikoordinasikan dengan pihak-pihak terkait lainnya. DPRD terpilih tidak ada yang terkait dengan sengketa pemilu dan sejauh ini kita masih mempersiapkan proses pelantikan," ungkapnya.