Siposan Rimbo Juara Pacu Jalur Kuansing 2014

id siposan rimbo, juara pacu, jalur kuansing 2014

Siposan Rimbo Juara Pacu Jalur Kuansing 2014

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Perahu (jalur) Siposan Rimbo dari Desa Pauh Angit, Kecamatan Pangean, Teluk Kuantan keluar sebagai pemenang pertama dalam lomba "Pacu Jalur" nasional di Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau pada Minggu setelah menyisihkan jalur Meriam Onggang Parau Bappeda Kuansing dari Kepala Pulau, Kuantan Hilir.

Atas keberhasilan itu pedayung dari Siposan Rimbo yang berjumlah tiga puluh orang itu berhak mengantongi piala Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Dari pantauan Antara persaingan berlangsung sengit kala kedua perahu bertemu dalam laga final segitiga, dimana, sebelumnya Meriam Onggang Parau Bappeda Kuansing mampu mengalahkan Pulou Laghe Mandulang Untuang RAPP dari Pulau Madinah.

Selanjutnya, Meriam Onggang Parau berhak untuk melawan Siposan Rimbo RAPP yang mendapat undian menunggu. Laga tersebut dilakukan untuk menentukan siapa yang pantas menyandang gelar sang juara tahun 2014 untuk meraih piala bergilir dari Menteri Pariwisata dan Gubernur Riau.

Pertarungan antara Meriam Onggang Parau Bappeda Kuansing yang mengambil jalan sebelah kanan dan Siposan Rimbo RAPP berada di jalan sebelah kiri berlangsung sengit, kedua jalur mencoba untuk saling mendahului, bahkan kemenangan terjadi di setiap pancang pemisah hingga pancang finish.

Kemenangan Siposan Rimbo RAPP atas Meriam Onggang Parau Bappeda Kuansing sangat tipis, para penonton dan dewan hakim tidak bisa menentukan kemenangan itu secara kasat mata, namun untuk memutuskan siapa pemenang, Dewan Hakim yang berada di tribun melihat layar monitor.

Siposan Rimbo mampu meraih Runner Up setelah dikalahkan Untung Bertuah dari Kabupaten Indragiri Hulu, prestasi Siposan Rimbo dalam satu tahun terakhir mengalami pasang surut. Mulai dari Pacu Jalur di setiap rayon. Pacu Jalur uji coba Piala Andi Putra di Tepian Pincuran Sakti Benai, Siposan Rimbo mampu membuktikan diri sebagai yang terbaik.

Seorang pedayung dari Siposan Rimbo Amri menyatakan sangat puas atas keberhasilan menjuarai pacu jalur 2014.

"Kami sudah persiapkan diri cukup lama, termasuk menjaga kebugaran serta taktik," ujarnya.

Pemenang selain mendapatkan piala juga berhak atas hadiah berupa berhak mendapatkan hadiah senilai Rp75 Juta berupa atu ekor sapi semental jantan dari PT Tri Bakti Sarimas, satu ekor kerbau dari PT Telkomsel, satu ekor kerbau dan satu ekor sapi dari Pemkab Kuansing, uang tunai dari Gubernur Rp20 juta dan Kadis Pariwisata Riau Rp10 Juta.