Hanya 4.002 Calhaj Riau Berangkat ke Tanah Suci

id hanya 4002, calhaj riau, berangkat ke, tanah suci

Hanya 4.002 Calhaj Riau Berangkat ke Tanah Suci

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau menyatakan hanya 4.002 orang calon jemaah haji (calhaj) asal daerah tersebut, dari sebelumnya berjumlah 4.036 orang, yang berangkat ke tanah suci menunaikan rukun Islam kelima.

"Kemungkinan 4.002 orang jumlah calhaj Riau, mudah-mudahan dalam waktu dekat semua akan terpenuhi sehingga mereka bisa menunaikan ibadah haji tahun ini," ujar Kepala Seksi Pembinaan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Provinsi Riau Asril di Pekanbaru, Selasa.

Dengan adanya pembatalan keberangkatan calhaj Riau tahun 2014 sebanyak 34 orang dari sebelumnya 4.036 orang, lanjutnya, maka calhaj yang berangkat melalui embakasi haji di Batam, Kepulauan Riau pada 1 September 2014 menjadi berkurang.

Alasan ke-34 orang calon jamaah haji di Riau tersebut tidak melunasi sisa pembayaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) reguler pada tahun 2014 karena berbagai sebab dan salah satu seperti meninggal dunia.

"Wwaktu itu mereka mempunyai alasan mengundurkan diri karena jemaah kita yang masih dalam kondisi sakit, meninggal dan lain sebagainya. Sehingga calhaj kita kekurangan sebanyak 34 orang dan jumlah inilah sedang kami data sesuai dengan nomor urut," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, sebenarnya porsi jemaah haji untuk Provinsi Riau setiap tahun sebesar 5.010 orang. Namun setelah terjadi pengurangan sebesar 20 persen akibat perluasan Masjidil Haram di Kota Mekkah, jemaah haji Riau berkurang jadi 4.008 orang.

"Untuk tahun ini ada sebanyak 4.002 orang calhaj dari Riau dan ditambah dengan petugas haji sebanyak 34 orang, sehingga menjadi 4.036 orang," ucap Asril.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji, Zakat dan Wakaf Kantor Wilayah Kemenag Riau Muhammad Aziz pekan lalu menyatakan, sebanyak 34 orang calon jemaah haji berasal dari daerah tersebut yang seharusnya berangkat tahun ini, batal berangkat tahun ini.

"Dari jumlah total 4.036 orang calon jamaah haji asal Riau yang berangkat tahun ini, namun ada juga yang menyatakan mundur lebih kurang 34 orang," ujarnya.

Berdasarkan data Kemenag Riau tahun 2014, sebanyak 4.036 orang calhaj berangkat ke tanah suci untuk menunaikan rukun Islam terakhir. Jumlah jamaah tersebut dibagi dalam 9 kelompok terbang dengan embarkasi haji di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Riau Tarmizi Tohor sebelumnya mengatakan, calon jamaah haji kloter pertama dari daerah tersebut dijadwalkan akan berangkat ke tanah suci pada 1 September mendatang melalui embarkasi haji di Batam.

"Rombongan kloter pertama dari Riau itu merupakan rombongan calon jamaah haji dari Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kuantan Singingi sebanyak 450 orang," ucap Tarmizi.