DPRD Dumai Bersiap Lantik Anggota Dewan Terpilih

id dprd dumai, bersiap lantik, anggota dewan terpilih

DPRD Dumai Bersiap Lantik Anggota Dewan Terpilih

Dumai,(Antarariau.com) - Pelaksanaan pelantikan 30 anggota dewan terpilih untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Dumai pada 3 September, sejauh ini masih tahap persiapan dan mencapai 70 persen, kata Kepala Bagian Humas Sekretariat DPRD Dumai, Khairil Adli.

Pelantikan DPRD terpilih hasil pemilihan legislatif 9 April lalu, lanjutnya, selain akan menyebar sebanyak 500 undangan, panitia juga telah meminta bantuan pengamanan dari aparat kepolisian setempat.

"Persiapan pelantikan terus dimatangkan, dan saat ini masih menunggu surat keputusan dari Gubernur Riau untuk segera dilantik pada 3 September nanti," katanya, Selasa.

Dia menyebutkan, proses pelantikan wakil rakyat terpilih ini dijadwalkan pelaksanaannya di dalam ruang rapat paripurna DPRD dengan kapasitas daya tampung ruangan sebanyak 200 orang.

Sejauh ini, menurutnya, persiapan telah berjalan sebagaimana mestinya karena telah melalui beberapa kali rapat koordinasi dengan instansi terkait lainnya di pemerintahan kota Dumai.

"Panitia juga telah menyiapkan teknis pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan, termasuk seragam yang akan dikenakan anggota dewan terpilih," ujarnya.

Pihaknya juga telah mengirim surat kepada dua partai politik pemenang Pileg lalu, yaitu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Gerindra untuk mengajukan nama pimpinan sementara.

Sekretaris KPU Dumai Zahedi menyatakan, kegiatan pelantikan sepenuhnya diserahkan kepada sekretariat DPRD, dan pihaknya hanya melengkapi berkas administrasi yang dibutuhkan.

"Pelantikan wewenangnya sekretariat DPRD, dan kita ikut mendukung khusus terkait kelengkapan administrasi yang diperlukan, seperti perolehan suara dan kursi calon legislatif bersama partai politik," ungkapnya.

Pada pleno rekap penghitungan suara KPU Dumai lalu, PDIP mendominasi perolehan suara pemilih dengan meraih 21.584 suara dengan 5 caleg terpilih, disusul Gerindra dan PAN masing-masing 4 kursi.