Seluruh Jamaah Haji Dumai Lolos Tes Kesehatan

id seluruh jamaah, haji dumai, lolos tes kesehatan

Seluruh Jamaah Haji Dumai Lolos Tes Kesehatan

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Dinas Kesehatan Kota Dumai, Riau menyatakan seluruh jamaah calon haji daerah ini lolos menjalani tes pemeriksaan kesehatan dan sudah disuntik vaksin meningitis.

"Kesehatan seluruh jamaah tidak ada masalah lagi karena semuanya sudah diperiksa dan disuntik vaksin kekebalan tubuh," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai Faisal, Rabu.

Pada saat pemeriksaan kesehatan, calon haji Kota Dumai yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 6 Embarkasi Batam Provinsi Kepulauan Riau ini tidak ada yang sedang hamil atau menderita penyakit tertentu.

Tahapan tes kesehatan para calon jamaah tamu Allah SWT ini, sebutnya, melibatkan sekitar 20-an petugas medis dari puskesmas setempat.

"Insya Allah kondisi fisik jamaah dalam keadaan sehat dan tidak ada yang sedang hamil," ujarnya.

Pihak medis, lanjutnya, juga mengingatkan calon haji agar terus menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi supaya pada saat keberangkatan tanggal 5 September mendatang tidak ada yang mengalami kendala.

Menurutnya, jamaah yang berjumlah 297 orang ini diminta juga untuk mewaspadai penyakit yang bersumber dari tanah arab, yaitu virus Ebola dan Middle East Respiratory Syndrome (MERS).

"Sejauh ini jamaah kita tidak ada yang khawatir dengan penyakit tersebut, karena mereka akan berusaha menjaga kesehatan dan murni untuk beribadah mencari ridha Allah SWT," ungkapnya.

Kementerian Agama Kota Dumai menjadwalkan keberangkatan calon haji pada 5 September melalui jalur laut dengan menggunakan armada transportasi feri dari Pelabuhan Dumai menuju Pelabuhan Sekupang, Batam.

"Setelah beristirahat sehari, pada 6 September mereka diterbangkan ke Madinah. Kita berharap penyelenggaraan ibadah haji tahun ini berjalan lancar dan selamat," sebut Kepala Kemenag Dumai Darawi.