Ilmuwan Amerika Serikat Ciptakan Otak Robot

id ilmuwan, amerika serikat, ciptakan otak robot

 Ilmuwan Amerika Serikat Ciptakan Otak Robot

Jakarta, (Antarariau.com) - Para peneliti gabungan di Cornell University, Amerika Serikat, sedang mengembangkan pembuatan "otak" robot agar semakin pintar, melalui sistem yang disebut Robo Brain.

Menurut Asisten Profesor dari Cornell University, Ashutosh Saxena, Robo Brain adalah sistem komputasi berskala besar yang bisa belajar dari Internet, simulasi komputer, dan kehidupan nyata. Semua data yang robot terima akan ditampung dan menjadi pengetahuan yang saling berhubungan.

Robo Brain dibangun dengan jutaan mesin pencari dari seluruh dunia untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka. Sistem itu mampu mengunduh dan mengelola lebih dari 1 miliar gambar, 120 ribu video YouTube, dan 100 juta dokumen dan buku panduan yang mungkin terkait dengan perintah yang diberikan. Server yang mengendalikan robot juga bisa mengatur data yang akan disimpan.

Informasi tersebut akan diterjemahkan dan disimpan dalam format yang sesuai untuk kerja robot. Sekali menyebut satu kata, Robo Brain akan menemukan data sesuai dengan kebutuhan. Pengguna juga bisa mengubah dan mengedit data yang terdapat di dalamnya

Untuk kegunaan rumah tangga, Robo Brain masih dalam tahap rencana. Aplikasi yang mendukungnya juga masih dalam tahap uji coba.

"Untuk dapat melayani manusia dalam kegiatan di rumah tangga, kantor, dan pabrik, mereka perlu memahami dulu bagaimana lingkungan sekitarnya dan cara manusia berperilaku," kata Saxena. Demikian dikutip dari DailyMail.