Pemko Pekanbaru Akan Bangun Pasar Induk

id pemko, pekanbaru akan, bangun pasar induk

 Pemko Pekanbaru Akan Bangun Pasar Induk

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru akan membangun pasar induk untuk menampung kebutuhan pokok yang datang dari distributor luar kota seperti Sumatera Barat, Sumatera utara, Jambi dan daerah lainnya sebelum didistribusikan ke pasar tradisional.

"Ada permintaan distributor kebutuhan pokok dari luar kota yang meminta pemerintah Kota Pekanbaru mengambilalih kebutuhan pokok yang mereka bawa agar ditampung disatu tempat sebelum dibagikan ke pasar tradisional," kata Kabid Perdagangan Disperindag Pekanbaru Mas Irba H. Sulaeman di Pekanbaru, Kamis.

Pasar induk ini nantinya berfungsi menampung kebutuhan pokok seperti beras, sayur-sayuran, telur, daging dan komoditas lainnya.

Menurutnya, semua kebutuhan pokok dari luar nantinya masuk ke pasar induk dan dari pasar induk didistribusikan ke pasar tradisional, ini akan mempermudah mengontrol distribusi dan akan lebih cepat menstabilkan harga.

Pemko Pekanbaru tahun ini akan melakukan lelang untuk pembangunan pasar induk dengan menggunakan anggaran 2015 karena menganggap keberadaan pasar induk sudah mendesak.

"Kita kerja sama dengan Dinas Pasar segera melakukan lelang untuk Detail Engineering Design (DED)nya," ujar Mas Irba.

Sementara itu untuk harga kebutuhan pokok di Pekanbaru relatif stabil, sejumlah komoditas seperti sayur mayur turun dibanding hari biasanya seperti bawang merah, bawang putih, kol dan kentang.

"Harga kebutuhan pokok pekan ini stabil, malah ada yang turun seperti sayur mayur seperti bawang merah dari Rp26.000 menjadi Rp22.000, bawang putih dari Rp16.000 menjadi Rp14.000, hampir rata rata sayur mayur mengalami penurunan harga, bisa jadi disebabkan terlalu lama di jalan sehingga distributor menjual dengan harga murah khawatir busuk," ujarnya.

Ia menjelaskan kebutuhan pokok lainnya seperti beras, harga masih stabil seperti beras belida Rp10.000, beras ramos Rp12.000, beras pandan wangi Rp12.000 dan beras anak daro Rp11.500.Sedangkan gula pasir mengalami penurunan dari Rp12.500 menjadi Rp10.500, gula merah juga turun dari Rp16.000 jadi Rp15.000

Lalu harga daging sapi juga mengalami penurunan dari Rp110.000/kg menjadi Rp90.000 dan di beberapa pasar tradisional bervariasi turun dari Rp115.000 menjadi Rp95.000.