BBPOM Pekanbaru Sita 10.228 Kosmetik Tanpa Izin

id bbpom pekanbaru, sita 10228, kosmetik tanpa izin

BBPOM Pekanbaru Sita 10.228 Kosmetik Tanpa Izin

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan Pekanbaru, Provinsi Riau, menyita sebanyak 10.228 kosmetik tanpa izin edar dengan total nilai mencapai Rp783,78 juta.

"Itu merupakan hasil operasi gabungan nasional selama dua hari mulai 27 Agustus hingga Kamis (28/8)," kata Kepala BBPOM Pekanbaru Indra Ginting kepada Antara di Pekanbaru, Jumat siang.

Dia mengatakan operasi tersebut digelar secara serentak di seluruh wilayah di Tanah Air sebagai bentuk penertiban barang dagangan baik itu kosmetik maupun makanan.

Untuk di Pekanbaru, demikian Gunting, puluhan ribu kemasan kosmetik TIE tersebut terdiri dari 27 item atau merk yang memang sering ditemukan di pusat perbelanjaan modern.

Tiga jenis produk kosmetik TIE terbanyak yang berhasil diamankan selama dua hari itu menurut dia adalah "Balen + H2O Natural Mellow Salon Hair Repair and Moist" yakni sebanyak 3.794 kemasan dengan total nilai mencapai Rp173 juta.

Kemudian juga ada jenis dan merk "Entire Cat" dengan jumlah sebanyak 3.302 kotak dan nilai Rp225,8 juta serta "W Profesional Crystallizing 600 ml" yakni sebanyak 1.200 kotak dan nilai mencapai Rp54,7 juta.

Ginting menyatakan, hasil sitaan itu saat ini telah diamankan untuk kemudian diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Namun pihaknya BBPOM enggan untuk menyebutkan nama lokasi dan perusahaan yang mendistribusikan kosmetik tanpa izin edar tersebut.