Chevron Tampilkan Karya Warga Binaan Pekanbaru Expo

id chevron tampilkan, karya warga, binaan pekanbaru expo

Chevron Tampilkan Karya Warga Binaan Pekanbaru Expo

Pekanbaru, (Antarariau.com) - PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) berpartisipasi dalam Pekanbaru Expo 2014 yang dilaksanakan sejak 28 hingga 31 Agustus 2014 di Purna MTQ Bandar Seni Raja Ali Haji dengan menampilkan berbagai karya hasil warga binaan.

"Pada kesempatan ini Chevron tidak hanya menampilkan hasil kerajinan masyarakat binaan di sekitar wilayah operasinya, tetapi juga berbagai kreasi quilting dan lukisan hasil karya ibu-ibu yang tergabung dalam Persatuan Ibu-Ibu Chevron Rumbai (PIICR)," kata Manager Humas Chevron Wilayah Riau, Tiva Permata, Sabtu.

Quilting Coordinator PIICR, Anni Sardjono mengatakan, PIICR secara rutin melakukan pelatihan quilting dan membuat lukisan dari pita.

"Namun, kami juga ingin berbagi keahlian dengan para wanita di sekitar tempat tinggal kami. Pada tahun 2013 lalu, PIICR telah mengajarkan cara pembuatan quilting kepada ibu-ibu di Kelurahan Rumbai Pesisir,¿ ujarnya.

Hasil karya ramah lingkungan kata dia juga menarik minat banyak pengunjung.

Batik yang diwarnai dengan pewarna alami dan kerajinan limbah kelapa katanya adalah contoh-contoh yang bisa dijadikan inspirasi.

"Kami mewanai batik secara alami dengan menggunakan biji-bijian pinang, kulit buah manggis, kayu dan dedaunan," ujar Sri Hastuti, Supervisor Rumah Batik Rumbai yang menjadi partner Chevron dalam kegiatan produksi batik ramah lingkungan.

"Kami juga mengajarkan cara memanfaatkan limbah batok kelapa menjadi bingkai cermin, kotak tisu dan tempat pensil," katanya lagi.

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus mengatakan, Pekanbaru Expo merupakan ajang promosi produk unggulan bagi pengusaha termasuk UMKM.

"Ajang ini untuk memberikan kesempatan pada para pengusaha di Kota Pekanbaru, khususnya UMKM mempromosikan dan mengembangkan produknya," kata dia.

Zulkifli, salah satu panitia penanggung jawab iven Pekanbaru Expo 2014 dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pekanbaru mengatakan, pameran tersebut bakal digelar selama empat hari, dimulai sejak Kamis (28/8) dan akan berakhir pada Minggu (31/8).

"Yang berpartisipasi dalam Pekanbaru Expo 2014 sebanyak 60 peserta. Pesertanya juga berskala lokal dan nasional," ungkap Zulkifli.