Riau Terjunkan Satpol-PP Antisipasi Penimbunan BBM

id riau terjunkan, satpol-pp antisipasi, penimbunan bbm

Riau Terjunkan Satpol-PP Antisipasi Penimbunan BBM

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Provinsi Riau menerjunkan personel Satuan Polisi Pamong Praja untuk memantau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Minyak guna mengantisipasi adanya penibunan bahan bakar minyak (BBM) baik solar maupun premium.

"Kami siap ikut ambil bagian dalam mengantisipasi kelangkaan BBM dengan melakukan pengawasan terhadap praktek-praktek penimbunan.Kami juga telah menurunkan tim intelijen ke lapangan untuk memantau SPBU yang rawan praktik itu," kata Kepala Kantor Satpol PP Provinsi Riau, Noverius kepada pers lewat sambungan telepon, Minggu siang.

Dia mengatakan, Satpol-PP juga telah siap untuk mengawal jalannya inspeks mendadak baik dari Pertamina maupun pemerintah daerah ke sejumlah SPBU yang ada di Riau.

"Walaupun di Riau tampaknya masih aman-aman saja, namun tidak menutup kemungkinan adanya pihak-pihak yang akan melakukan penimbunan BBM. Terlebih sudah ada wacana pemerintah untuk menaikkan harga BBM," katanya.

Sebelumnya PT Pertamina (Persero) Marketing Branch Riau Sumbar menyatakan telah menambah pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi pada 140 unit Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Riau dengan besaran sekitar 10 sampai 20 persen dari sebelumnya.

"Kami telah melakukan normalisasi BBM bersubsidi, antara lain dengan menambah pasokan ke SPBU di Riau sebesar 10 sampai 20 persen," ujar Senior Sales Executive Retail X Riau Kantor Cabang Pertamina Riau Sumbar Drestanto Nandiwardhana.

Pertamina sebelumnya telah melakukan pengendalian BBM bersubsidi baik jenis solar dengan besaran 10 persen maupun jenis premium dengan besaran lima persen yang dijual pada 140 SPBU di Riau terhitung sejak tanggal 18 Agustus 2014.

Melihat perkembangan situasi serta kondisi terkini terkait pengendalain BBM bersusidi, kata Drestanto, maka Pertamina telah menginstruksikan untuk melakukan normalisasi penyaluran ke semua SPBU dengan menambah pasokan.

Langkah tersebut diambil untuk memulihkan psikologis masyarakat di Riau karena telah terjadi kepanikan di masyarakat atas pengendalian yang dilakukan Pertamina terhadap semua SPBU di provinsi tersebut.

Data terakhir Kantor Cabang Pertamina Riau Sumbar untuk penyaluran BBM bersubsidi ke 140 unit SPBU di Riau untuk jenis premium sebanyak 75.000 kiloliter per bulan atau sekitar 2.500 kiloliter per hari dan jenis solar 6.600 kiloliter per bulan atau sekitar 2.200 kiloliter per hari.