PTPN V Bantu Rp535 Juta UKM Pekanbaru

id ptpn v, bantu rp535, juta ukm pekanbaru

PTPN V Bantu Rp535 Juta UKM Pekanbaru

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Perseroan Terbatas Perkebunan Nusantara V memberikan bantuan kredit sebesar Rp535 juta untuk 23 usaha kecil dan menengah (UKM) di Kota Pekanbaru guna meningkatkan produktivitas usaha mereka.

"Kepada mitra yang sudah menerima kredit tersebut diharapkan agar dapat memanfaatkannya dengan baik dan mengembalikan kredit tepat waktu. Sebab, kini banyak UKM yang berharap mendapatkan kucuran kredit yang sama," kata Kabag PKBL PTPN V (Persero) Jabir, S.Sos., M.Si. di Pekanbaru, Minggu.

Seperti disampaikan Risky Atriyansyah, Asisten Urusan Hubungan Masyarakat PT Perkebunan Nusantara V, Jabir mengatakan bahwa bantuan bergulir yang diberikan tersebut berasal dari dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PTPN V.

Ia mengatakan bahwa Program Kemitraan PTPN V dilaksanakan sebagai bentuk dukungan atas Program Kementerian BUMN dengan usaha kecil.

"Dalam Pasal 9 Permen BUMN Nomor Per-08/MBU/2013, disebutkan bahwa dana kemitraan bersumber dari anggaran perusahaan yang diperhitungkan sebagai biaya, maksimal 2 persen dari laba bersih tahun sebelumnya," katanya.

Jabir menambahkan bahwa program itu diluncurkan sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan BUMN perkebunan tersebut terhadap usaha kecil di Riau.

Melalui pemanfaatan dana BUMN, diharapkan unit usaha kecil yang menerima dana kemitraan dan dapat meningkatkan kemampuannya sehingga kemudian akan tumbuh UKM yang tangguh dan mandiri.

Kini, katanya lagi, kredit program Kemitraan PTPN V yang telah disalurkan di Riau sudah mencapai Rp65,9 miliar bagi 3.501 UKM. Di Pekanbaru sampai kini tercatat sebesar Rp16 miliar lebih bagi 889 UKM.

Jabir mengatakan bahwa PTPN V juga menghibahkan Rp46,1 miliar dalam Program Bina Lingkungan, dan di Kota Pekanbaru sudah mencapai Rp19 miliar.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Pekanbaru yang diwakili oleh Kabid Fasilitas Pembiayaan dan Jasa Keuangan Fabilla Sandy, S.E., M.A.P. mengatakan bahwa keberadaan UMKM memegang peranan penting di dalam perekonomian daerah.

"Jumlah UMKM di Kota Pekanbaru mencapai lebih dari 80 persen dari seluruh pelaku ekonomi sehingga pada kesempatan ini semua pihak diharapkan bisa menciptakan komitmen yang tinggi dalam membangun perekonomian Kota Pekanbaru," ujarnya.

Selain itu, melalui program kemitraan PTPN V, Pekanbaru dipastikan dapat memberi nilai tambah bagi usaha kecil dalam peningkatan produksi secara kualitas dan kuantitasnya.

"Kebijakan PTPN V hendaknya juga dapat diikuti oleh BUMN-BUMN lainnya di Kota Pekanbaru ini," katanya.