Wagub Riau Dijadwalkan Lepas 442 Calhaj

id wagub, riau dijadwalkan, lepas 442 calhaj

 Wagub Riau Dijadwalkan Lepas 442 Calhaj

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Wakil Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dijadwalkan melepas sebanyak 442 calon haji (calhaj) dari provinsi tersebut bersama 5 petugas kelompok terbang (kloter) pertama asal Provinsi Riau.

"Besok ada 442 orang ditambah petugas kloter 5 orang, jadi 457 orang. Mereka akan dilepas pak wagub yang sekarang sudah berada di Batam," ujar Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji, Zakat dan Wakaf Kantor Wilayah Kemenag Riau Muhammad Aziz melalui telepon seluler dari Pekanbaru, Senin.

Azis yang sedang berada di Batam, Provinsi Kepulauan Riau mengatakan, sebanyak 442 orang calhaj tersebut berasal dari dua daerah di Riau yakni Kota Pekanbaru 309 orang dan sisanya 143 orang berasal dari Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing).

Dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Indonesia menuju Bandara Internasional Prince Mohammad Bin Abdul Aziz Madinah, Arab Saudi para calon jamaah haji dari Riau akan menumpangi maskapai Saudi Arabian Airlines.

"Untuk jarak tempuh melalui udara sekitar 8 jam 45 menit dari Batam. Yang jelas besok pagi pak wagub akan melepas jamaah jam 6.15 Wib, baru pesawat akan berangkat sesuai jadwal tepat jam 10.00 Wib menuju Madinah," katanya.

Terkait keinginan Provinsi Riau mengisi kloter pertama embarkasi di Batam, menurutnya, hal tersebut sulit direalisasikan. Meski provinsi tersebut memiliki calon jamaah haji yang terbesar sebanyak 4.002 orang tahun 2014 dibanding Kepulauan Riau, Jambi dan Kalimatan Barat.

"Meski sedikit jumlah calon jamaah haji dari Kepulauan Riau, tapi provinsi itu sebagai tuan rumah atau embarkasi haji di Batam. Jadi kita (Riau) besok itu kloter kedua untuk embarkasi haji di Batam, tapi pemberangkatan pertama dari Riau," ucapnya.

Berdasarkan data Kemenag Riau tahun 2014, sebanyak 4.036 orang calhaj berangkat ke tanah suci untuk menunaikan rukun Islam terakhir. Jumlah jamaah tersebut dibagi dalam 9 kelompok terbang dengan embarkasi haji di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Riau Tarmizi Tohor sebelumnya mengatakan, calon jamaah haji kloter pertama dari daerah tersebut dijadwalkan akan berangkat ke tanah suci pada 1 September mendatang melalui embarkasi haji di Batam.

"Rombongan kloter pertama dari Riau itu merupakan rombongan calon jamaah haji dari Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kuantan Singingi sebanyak 450 orang," ucap Tarmizi.