Presiden: Tak Ada Kesepakatan Politik Di Pertemuan Bali

id presiden tak, ada kesepakatan, politik di, pertemuan bali

Presiden: Tak Ada Kesepakatan Politik Di Pertemuan Bali

Cikeas, Bogor, (Antarariau.com) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan bahwa tidak ada kesepakatan politik atau terkait politik dalam pertemuannya dengan Presiden Terpilih Joko Widodo di Bali pekan lalu.

"Tujuan kami bertemu di Bali kemarin agar kesiapan Presiden Terpilih nanti menjadi baik. Menjadi kewajiban moral saya untuk memberikan penjelasan mengenai agenda kenegaraan dan pemerintah sehingga pemerintah yang baru siap mengemban tugas, ini penting dan menjadi tradisi poltik," kata Presiden Yudhoyono saat menyampaikan keterangan pers di Puri Cikeas, Bogor, Selasa.

Dia menepis anggapan bahwa ada pembicaraan politik atau kesepakatan politik dalam pertemuan yang dia lakukan dengan Joko Widodo (Jokowi) sepekan setelah Mahkamah Konstitusi mengukuhkan pasangan Jokowi dan Jusuf Kalla sebagai presiden dan wakil presiden terpilih.

"Itu pertemuan resmi antara saya sebagai Presiden dengan Presiden Terpilih Pak Joko Widodo, konteksnya itu bukan politik dan tidak ada deal politik apapun," tegasnya.

Presiden berharap pertemuan semacam itu dilakukan oleh pemimpin-pemimpin selanjutnya dan menjadi tradisi politik di negeri ini.

"Saya punya pengalaman masa lalu, tidak mengalami tradisi politik yang baik itu," katanya.

Sementara terkait pertemuannya dengan sejumlah pimpinan partai politik yang tergabung dalam koalisi Merah Putih, Presiden mengatakan bahwa pertemuan itu merupakan bagian dari komunikasi dengan kekuatan politik riil dalam negeri.

"Pada pertemuan ini saya beryukur dan gembira koalisi Merah Putih menetukan sikap, mengakui hasil pemilu dan bakti kepada negara melanjutkan perjuangan di bidang politik," katanya.

"Memang Pilpres 2014 dinamis, saya kira pilpres dimanapun begitu, bahkan dunia memberikan apresiasi pada kita, di mata dunia pemilu berjalan damai dan demokratis," tambah dia.

Sejumlah pimpinan dan fungsionaris dari partai-partai yang tergabung dalam koalisi Merah Putih bertemu dan berkomunikasi dengan Susilo Bamang Yudhoyono di Cikeas, Selasa pagi, dari pukul 07.30 WIB hingga 08.30 WIB.

Hadir dalam pertemuan itu antara lain Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham, Tantowi Yahya, Wakil Ketua Partai Gerindra Fadli Zon, Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan, Hidayat Nur Wahid dan Fachry Hamzah dari Partai Keadilan Sejahtera, Romahurmuzy dari Partai Persatuan Pembangunan, Ketua Umum Partai Amanat Nasional Hatta Rajasa.